KPU Sleman Tetapkan Hasil Pileg, 40% Wajah Baru

Selasa, 23 Juli 2019 - 01:25 WIB
KPU Sleman Tetapkan Hasil Pileg, 40%  Wajah Baru
Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi. FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
SLEMAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman menggelar rapat pleno terbuka penetapan kursi partai politik dan nama calon legislatif (Caleg) terpilih di kantor KPU setempat, Senin (22/7/2019) malam.

Rapat pleno tersebut dipimpin ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi didampingi empat anggota KPU Sleman lainnya serta dihadiri perwakilan dan saksi partai politik (parpol).

Untuk penetapan kursi dan nama caleg terpilih dawali dengan pembacaan form E1 dilanjutkan Form E1.1 dan terakhir form E1.2. Setelah semua dibaca dan diperlihatkan dan tidak ada yang keberatan, akhirnya KPU menetapkan hasilnya.

Diketahui ada delapan parpol yang berhasil menempatkan wakilnya di DPRD. Delapan parpol itu yakni PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, PPP dan PAN. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan periode sebelumnya yaitu ada sembilan Parpol lantaran Partai Demokrat tidak mendapatkan kursi.

Untuk rincian peroleh kursi Parpol masing-masing adalah PDIP mendapatkan 15 kursi, PKB, Gerindra, PKS dan PAN masing-masing 6 kursi, Golkar 5 kursi serta Nasdem dan PPP 3 kursi.

Peroleh kursi PDIP meningkat dari sebelumnya yang hanya mendapatkan 12 kursi. Selain PDIP yang perolehan kursi meningkat yakni PKB dan Golkar satu kursi. Sedangkan Gerindra dan PPP turun satu kursi, Nasdem turun 2 kursi sementara PKS dan PAN tetap 6 kursi.

Sementara untuk 50 caleg terpilih, 20 caleg atau 40% di antarnya merupakan anggota baru, sisanya 30 caleg merupakan caleg incumbent. Rinciannya PDIP ada enam caleg baru, Golkar empat caleg baru, Gerindra dan PAN, tiga caleg baru, PKS satu caleg baru serta masing-masing satu caleg baru, untuk PKB, Nasdem dan PPP.

Ketua KPU Sleman Trapsi Haryadi mengatakan setelah hasil kursi dan caleg terpilih ini ditetapkan, langkah selanjutnya, KPU Sleman akan mengusulkan penetapan dan pengucpan sumpah dan janji caleg terpihi menjadi anggota DPRD Sleman periode 2019-2024 kepada Gubernur DIY melalui bupati Sleman.

“Usulkan segera kami kirim setelah hasil ini ditandatanganu KPU dan saksi,” kata Trapsi, usai penetaoan kursi dan caleg terpilih DPRD Sleman periode 2019-2024 di kantor KPU setempat, Senin (22/7/2019) malam.

Mengenai pelaksanaan pelantikan, menurut Trapsi sesuai dengan peraturan, maka untuk pelantikannya akan dilakukan per tanggal anggota dewan periode 2014-2019 lalu dilantik yakni 12 Agustus.

“Sesuai dengan surat dari Sekretaris Dewan (Sekwan) yang dikirimkan untuk pelantikan anggota Dewan terpilih, 12 Agustus 2019 mendatang,” terangnya.

Daftar Caleg terpilih DPRD Sleman Periode 2019-2024
PKB : Wawan Prasetya, Ani Martani, Tri Nugroho, Rahayu Widi Nuryani, Rahayu Widi Chahyani dan Nafsir Fauzi
Gerindra : HR Sukaptono, Happy Briant Srikandy, Tri Mulia Wijayanti, M Arif P Susanto, Dara Ayu Suharto dan Shodiqul Qiyar
PDIP : Haris Sugiharta, Danang Maharsa, Gani Sadat, Timbul Saptono, Ari Murti, Nila Rifianti, Benedicte Rury Tyas Pramuri, Andreas Purwanto, Budi Sanyata, Dede Kusuma, Susilo Nugroho, Sri Riyandiningsih, Suryana, Bambang Sigit Sulaksana dan RB Ramelan
Golkar : Indra Bangsawan, Banudono Manggolo, Guntur Yoga Purnawan dan Sukamto
Nasdem : Surana, Ismi Sutarti dan Suharyono
PPP: Ngadiman, Fika Chusnul Chotimah dan Untung Basuki Rahmat
PKS : Agus Riyanto, Yani Fathurahman, Sumaryatin, Agus Mas’udi, Hasto Karyanto dan Muh Zuldan
PAN : Raudi Akmal, Abdul Kadir, Nurhidayat, Ardi, Respati Agus Sasangka dan Arif Kurniawan

Sumber KPU Sleman
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6047 seconds (0.1#10.140)