alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tertimpa Tanah Longsor, Dua Warga Semarang Terluka

Angga Rosa
Tertimpa Tanah Longsor, Dua Warga Semarang Terluka
Tembok ruang belakang rumah Iwan Setyawan warga Dusun Sodong RT 1/RW 5, Desa Kemambang, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang jebol tertimpa tanah longsor. FOTO/IST

SEMARANG - Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang pada Minggu (13/1/2019) mengakibatkan tebing setinggi sekitar 9 meter di Dusun Sodong RT 1/RW 5, Desa Kemambang longsor. Material tanah longsor menimpa rumah milik Jarmadi dan Iwan Setyawan.

Akibatnya, ruang belakang dua rumah tersebut rusak. Tak hanya itu, Iwan Setyawan dan istrinya, Suwarni juga terluka akibat terkena material tanah longsor. Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa jika terjadi longsor susulan, penghuni dua rumah untuk sementara diungsingkan di rumah saudara mereka.

Kepala Desa Kemambang, Heru Susanto menjelaskan, tebing tersebut longsor karena tergerus arus air hujan. "Kontur tanah gembur dan berair. Sehingga saat terjadi hujan deras tanah tergerus hingga akhirnya longsor," katanya, Senin (14/1/2019).



Menurut dia, pasca kejadian, Pemerintah Desa Kembang langsung melapor ke BPBD Kabupaten Semarang dan Polsek Banyubiru. Sejumlah personel TNI, Polri, BPBD, relawan bersama warga langsung melakukan langkah penanganan untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan dan kerja bakti membersihkan material longsoran tanah.

"Tebing yang longsor ditutup dengan terpal agar tidak tergerus air hujan. Ini untuk mencegah terjadinya longsor susulan," ucapnya.
    
Sementara itu, hujan deras juga mengakibatkan tebing di Dusun Kediran RT 06/RW 07  Desa Tegaron, Kecamatan Banyubiru longsor, Minggu (13/1/2019) petang. Material longsoran tanah menimpa rumah kosong milik Satiyem yang berada di bawah tebing.

Akibatnya, rumah tersebut rusak berat. Disamping itu, sejumlah barang-barang milik Dusun Kediran yang disimpan di dalam rumah kosong tersebut rusak. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya kerugian akibat tanah longsor ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan, BPBD telah melakukan langkah penanganan tanah longsor di wilayah Kecamatan Banyubiru. "Kami sudah melakukan asesmen dan penanganan untuk mengantisipasi longsor susulan di Dusun Sodong, Desa Kemambang. Tebing yang longsor ditutup terpal dan penghuni rumah diungsikan ke tempat saudara mereka," katanya.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif