Era Baru Pesawat Komersial Supersonik Telah Dimulai

Senin, 22 Juli 2019 - 07:44 WIB
Era Baru Pesawat Komersial Supersonik Telah Dimulai
Pesawat supersonic yang direncanakan mengudara pada 2021 ini dinamai The Quiet Supersonic Technology Airliner (QSTA). Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hen
A A A
SETELAH Concorde terakhir beroperasi pada 2003, kini era pesawat komersial supersonik kembali muncul. Perusahaan yang berambisi membuat pesawat supercepat melebihi kecepatan suara ini adalah Lockheed Martin Aeronautics. Pesawat supersonik yang direncanakan mengudara pada 2021 ini dinamai The Quiet Supersonic Technology Airliner (QSTA).

Spesifikasi umum
Panjang : 93,83 kaki/ 28,6 meter
Tinggi : 13,74 kaki/ 4,19 meter
Lebar sayap : 29,5 kaki/ 8,99 meter
Kecepatan : Mach 1,4
Kenyaringan suara : 75 PLdB
Langit langit : 55.000 kaki / 16,764 meter

Desain
- Desain pesawat QSTA mirip desain sayap delta Concorde.
- Diklaim lebih aman karena tidak menciptakan ledakan sonik intensif seperti yang dialami pesawat saat melewati batas kecepatan suara
- QSTA dilengkapi dengan hidung supertajam yang diperpanjang untuk mengurangi gelombang guncangan sonik seperti dialami pendahulunya.
- QSTA menggunakan solusi teknologi sistem pandangan ke depan di bagian depan pesawat untuk menampilkan tayangan yang diperlukan di kokpit.

Kabin
1. Kabin pesawat didesain dapat mengakomodasi 40 penumpang dalam konfigurasi lorong tunggal dengan satu kursi di masing-masing sisi sehingga semua penumpang memiliki jendela dan akses lorong kabin.
2. Di bagian belakang pesawat, ada struktur ekor terbang V yang menggantikan sayap tunggal seperti pada pesawat komersial dengan sirip kembar yang sering dimiliki jet tempur.

Teknologi dan Mesin
1. Memiliki dua mesin jet yang dapat mengangkut hingga 40 penumpang dengan kecepatan Mach 1,8.
2. Tenaga QSTA berasal dari dua mesin turfofan. Teknologi ini akan membuat pesawat memiliki daya dorong 40.000 pound di level darat
3. Selain itu, tidak menampilkan fitur yang menyuntikkan bahan bakar langsung ke mesin untuk secara drastis meningkatkan daya dorong.

Jarak Tempuh
- Memiliki jarak tempuh sekitar 5.200 mil laut, dengan mudah melalui rute seperti New York-London, Tokyo-Los Angeles, London-Beijing, dan Tokyo-Sydney.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2892 seconds (0.1#10.140)