alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UAD Wisuda 1.045 Sarjana Baru

Priyo Setyawan
UAD Wisuda 1.045 Sarjana Baru
UAD Wisuda 1.045 Sarjana Baru. Ilustrasi

YOGYAKARTA - Mahasiswa perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) harus mampu mengembangkan ilmu yang mereka dapatkan di bangku kuliah. Ketua majelis pendidikan tinggi PTM Lincolin Arsyad mengharapan agar para lulusan PTM tidak hanya mencari pekerjaan dan bekerja di tempat orang, namun juga bisa membuka lapangan kerja.

Karena itu, para lulusan PTM perlu persiapan dan bekal yang matang serta kerja keras, agar dapat menjadi entrepreneur yang andal. “Satu langkah konkret adalah menciptakan inovasi-inovasi baru dalam semua aspek,” papar Arsyad dalam sambutannya saat sidang senat terbuka wisuda program sarjana (S1) dan magister (S2) Universita Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Jogja Expo Center (JEC), Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya, dengan jaringan Muhammdiyah sangat luas, sehingga para lulusan PTM lebih mudah mengembangkan bakat entrepreneurnya di era revoluasi industri 4.0 saat ini. Kendati demikian, lulusan PTM harus tetap menjunjung tinggi nilai kemuhammadiyahan. Sehingga akan memberikan kontribusi kepada persyarikatan Muhammadiyah.



Hal yang sama diungkapkan ketua badan pembina wakaf UAD Yunahar Ilyas. Ia mengatakan, para lulusan PTM harus meningkatkan etos dalam menuntut ilmu, termasuk bisa menguasai bahasa asing, baik Inggris maupun Arab. Dengan begitu akan banyak memiliki khazanah pengetahuan. Sehingga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan. “Ini juga penting bagi yang memutuskan untuk bekerja,” jelasnya

Rektor UAD Kasiyarno menambahkan, wisuda UAD periode ini diikuti 1.045 lulusan, terdiri dari 930 program S1 dan 115 program S2. Sebanyak 574 atau 54,9 % diantaranya lulus dengan predikat cumlaude. Dari jumlah ini rata-rata indek prestasi komulalatif (IPK) program S1 adalah 3,48 dan program S2 IPK rata-rata 3,73. Dengan bertambahnya lulusan tersebut, hingga sekarang jumlah alumni UAD mencapai 47.539 orang.



(mif)

loading...