Lima Permainan Tradisional Meriahkan Forda Salatiga

Sabtu, 20 Juli 2019 - 16:30 WIB
Lima Permainan Tradisional Meriahkan Forda Salatiga
Sejumlah peserta Forda Salatiga beradu cepat dalam permainan bakiak di halaman Pemkot Salatiga, Sabtu (20/7/2019). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Pemkot Salatiga menggelar Festival Olahraga Rekreasi Daerah (FORDA), Sabtu (20/7/2019). Ada lima nomor lomba yang dipertandingkan dalam Forda yang digelar di komplek Kantor Pemkot Salatiga itu.

Kelima nomor lomba, semua merupakan permainan tradisional. Yakni drumblek, dagongan, terompah panjang (bakiak), estefet egrang dan senam tera. Drumblek diikuti 7 regu, dagongan 11 regu, egrang 47 regu, terompah panjang 95 regu dan senam tera 20 regu. Adapun jumlah total peserta mencapai 1.210 orang.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Forda merupakan salah satu upaya Pemkot Salatiga melalui Dinas Pemuda dan Olahraga dalam membangun manusia yang sehat. “Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Salatiga ini termasuk tertinggi di Jawa Tengah. Ini merupakan kerja keras kita semua, dan salah satu upaya untuk terus meingkatkannya adalah melalui kegiatan olahraga rekreasi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Salatiga Joko Haryono menyatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk pemasyarakatan, pembudayaan, pelestarian serta pengembangan olahraga rekreasi. “Ini untuk memasyarakatkan olahraga rekreasi di Salatiga,” ujarnya.

Salah satu pelatih lomba egrang yang merupakan Guru Olahraga SDN Tingkir Lor 2, Zumroni menyebutkan bahwa para siswanya sangat senang mengikuti kegiatan olahraga rekreasi tersebut. “Alahamdulillah para siswa sangat bersemangat dalam mempersiapkan lomba engrang. Kami latihan intensif kurang lebih selama satu minggu untuk meningkatkan kekompakan dan kerjasama regu,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6716 seconds (0.1#10.140)