alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Lima Cara Mengolah Ayam yang Benar untuk Buka atau Sahur

Diana Rafikasari
Lima Cara Mengolah Ayam yang Benar untuk Buka atau Sahur
Mengolah ayam sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Masing-masing pengolahan memiliki cara khusus yang harus diperhatikan. FOTO/IST

JAKARTA - Ayam selalu menjadi pilihan utama untuk hidangan sahur maupun buka puasa. Selain lezat dan disukai segala umur, ayam juga merupakan sumber protein dan memiliki sifat meningkatkan imunitas.

Para ahli percaya bahwa paha ayam lebih sehat daripada dada ayam. Agar lebih sehat, para ahli juga menyarankan untuk tidak menggunakan ayam olahan karena mengandung banyak garam dan pengawet. Tetapi, jika tidak dimasak dengan benar, seluruh nutrisi ayam akan hilang dan sama seperti mengonsumsi sepotong lemak.

Mengolah ayam sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Masing-masing pengolahan memiliki cara khusus yang harus diperhatikan. Seperti dilansir Times of India, berikut ini beberapa fakta terkait cara memasak ayam yang sempurna.



1. Rebus
Merebus adalah cara paling sederhana untuk memasak ayam dan para ahli mengklaim bahwa ini juga salah satu metode yang paling sehat karena hanya menggunakan air sehingga membuat nutrisi pada ayam tetap terjaga. Rebus air dalam wajan, setelah mencapai titik didih, kecilkan api dan tambahkan ayam. Biarkan mendidih sampai ayam matang dan tambahkan garam serta merica.

2. Panggang
Memanggang juga dianggap cara yang sehat untuk memasak ayam. Namun pastikan menggunakan minyak sehat saat membumbui ayam. Cuci dan keringkan ayam. Tambahkan bumbu, garam dan sedikit minyak hingga merata dan biarkan ayam selama 4-5 jam. Panggang ayam dalam oven yang sudah dipanaskan sampai matang.

3. Tumis
Menumis merupakan salah satu metode paling populer mengolah ayam. Umumnya, ayam ditumis dengan sayuran dan rempah-rempah. Di sisi lain, banyak orang menumis ayam dengan air, bukan minyak. Tapi ayam akan terasa lebih nikmat jika menambahkan sedikit minyak.

4. Perhatikan minyak dan bumbu
Tidak dianjurkan memasak ayam dengan minyak terlalu banyak karena akan membuat ayam lebih berlemak. Gunakan non-stick untuk menumis sehingga bisa mengurangi jumlah minyak yang dikonsumsi. Tambahkan rempah-rempah menjelang akhir proses memasak untuk mempertahankan rasa. Pastikan tidak membuang air yang sudah dimasak bersama ayam, karena bisa digunakan sebagai dasar untuk hidangan lainnya.

5. Memasak ayam yang sehat
Gunakan ayam tanpa kulit. Ayam jenis ini memiliki kandungan minyak lebih rendah. Para ahli percaya bahwa paha ayam lebih sehat daripada dada ayam. Agar tetap sehat, hindari menggunakan ayam olahan mengandung banyak garam dan pengawet.



(abd)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak