Tekan Kemacetan, Kendaraan Berat di Flyover Kretek Bumiayu Dibatasi

Kamis, 20 Desember 2018 - 17:15 WIB
Tekan Kemacetan, Kendaraan Berat di Flyover Kretek Bumiayu Dibatasi
Polda Jateng membatasi muatan kendaraan berat yang melintas di flyover Kretek, Bumiayu, Kabupaten Brebes. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Sejumlah titik kemacetan di jalur pantura menjadi perhatian Polda Jawa Tengah. Berbagai upaya untuk meminimalisir kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru dilakukan.

Salah satunya di kawasan flyover Kretek, Bumiayu, Kabupaten Brebes, yang selama ini menjadi salah satu simpul kemacetan di jalur selatan pantura Jateng. Polda Jateng membatasi muatan kendaraan berat yang melintas di kawasan tersebut.

Kaur Ops Polda Jateng, Kombes Pol Hariyanto menyatakan, kendaraan berat dengan muatan lebih 8 ton dilarang melewati flyover Kretek. "Muatan kendaraan tak boleh sampai 8 ton. Sehingga kami terbitkan larangan kendaraan berat lewat tol. Kecuali truk pengangkut BBM, barang ekspor dan sembako," kata Kombes Hariyanto, Kamis (20/12/2018).

Dia mengungkapkan, titik kemacetan tertinggi diperkirakan akan terjadi di gerbang Tol Kalikangkung. Kawasan tersebut bakal padat, karena ada pemudik yang akan masuk ke pusat Kota Semarang menuju berbagai daerah.

"Pasti ada kemacetan panjang dibanding tahun lalu di Kalikangkung karena ada peningkatan pemudik yang mau bergerak ke luar Semarang. Potensi kemacetan lainnya juga akan terjadi di sejumlah objek wisata," katanya.

Di sisi lain, polisi mengimbau agar pemudik Natal dan Tahun Baru mewaspadai kerawanan kecelakaan di jalur pantura karena curah hujan pada Desember-Januari makin meningkat. "Dengan kondisi curah hujan yang tinggi. Kecelakaan lalu lintas berpotensi terjadi di Pantura karena kondisi jalanan licin," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0004 seconds (0.1#10.140)