Kebakaran, Api Sambar Crane yang Roboh Ditabrak Kapal

Jum'at, 19 Juli 2019 - 20:45 WIB
Kebakaran, Api Sambar Crane yang Roboh Ditabrak Kapal
Kondisi terkini container crane yang ambruk setelah ditabrak kapal MV Soul of Luck di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Senin (15/7/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Api berkobar saat pemotongan bangkai container crane (CC) yang roboh akibat dihantam kapal MV Soul of Luck beberapa hari lalu. Mobil pemadam kebakaran yang bersiaga di lokasi segera menjinakkan api sebelum merambat ke tempat lain.

"Jadi dalam rangka evakuasi dan pemindahan bangkai crane, dilakukan proses pemotongan dan pengelasan," kata Humas Pelindo III Pelabuhan Tanjung Emas, Diah Ayu Puspitasari, Jumat (19/7/2019).

Dia juga mengatakan, di bawah bangkai crane terdapat tanki bahan bakar minyak (BBM). Meski telah dikuras, namun masih terdapat sisa-sisa BBM yang langsung berkobar ketika terkena percikan api las.

"Perlu diketahui bahwa dalam bangkai container crane dan alat yang tertimpa crane ada tanki BBM-nya. Meskipun telah dikuras ternyata dalam proses pengelasan terjadi percikan dan menyambar BBM atau bahan lain yang mudah terbakar," terangnya.

Dia meyakinkan, selama proses pemotongan bangkai container crane telah memenuhi standar keamanan. Termasuk penyediaan mobil pemadam kebakaran yang langsung bergerak ketika api berkobar.

"Dalam proses tersebut sesuai standar safety kita standby-kan pemadam kebakaran untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Semua telah dimanajemen dengan baik dan api sudah dipadamkan hanya sebentar saja tadi. Cuma di bekas container yang tertimpa container crane (apinya)," tandasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5101 seconds (0.1#10.140)