Gunungkidul Butuh Sentuhan Teknologi Atasi Kekeringan

Kamis, 18 Juli 2019 - 23:21 WIB
Gunungkidul Butuh Sentuhan Teknologi Atasi Kekeringan
Kolonel Tugiman (kiri) ketika menyampaikan gagasan penanggulangan kekeringan di Gunungkidul. FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Upaya mengatasi kekeringan di Gunungkidul tidak hanya bisa dilakukan dengan dropping air semata. Namun dibutuhkan sentuhan teknologi untuk menyelesaikan kekurangan air.

"Dibutuhkan pemetaan sumber air dan sentuhan teknologi untuk pengangkatan air guna menyelesaikan persoalan kekeringan ini," ungkap dosen Universitas Pasundan Tugiman di Nglipar Gunungkidul (18/7/2019).

Untuk itu diperlukan upaya serius semua pihak untuk memetakan titik-titik mata air di semua wilayah. Dengan demikian akan diketahui kebutuhan infrastruktur dan potensi air yang bisa dimanfaatkan untuk melayani masyarakat.

"Saya yakin dropping air biayanya juga besar. Dan ini sampai sekarang belum menyelesaikan persoalan," ucap tentara berpangkat kolonel ini.

Tugiman melanjutkan, jika persoalan air bisa diatasi, maka Gunungkidul akan Makmur. "Kemudian bagiamana menata sistem pertanian dengan teknologi. Ini sebagai bentuk modernisasi pertanian sehingga petani bisa maju dan menjadi sejahtera," beber tokoh yang disebut bakal maju menjadi kandidat Bupati Gunungkidul ini.

Tugiman melanjutkan dengan perkembangan pariwisata, sudah saatnya ditata sehingga Gunungkidul bisa sama dengan Bali. Ini lantaran potensi alam yang hampir sama.

"Masyarakat harus siap dengan wisatawan. Sekolah diintegrasikan untuk pariwisata sehingga perkembangan Pariwista menjadikan masyarakat juga ikut menikmati. Jangan sampai masyarakat hanya menjadi penonton," pungkas doktor kelahiran Nglipar, Gunungkidul ini.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1757 seconds (0.1#10.140)