Ketahuan Gondrong, Siswa Baru Dicukur Pihak Sekolah

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB
Ketahuan Gondrong, Siswa Baru Dicukur Pihak Sekolah
Ketahuan Gondrong, Siswa Baru Dicukur Pihak Sekolah. Ilustrasi
A A A
KENDAL - Ketahuan berambut panjang, sejumlah siswa baru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kendal dipotong panitia dan kepala sekolah. Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), pihak sekolah menekankan pendidikan karakter dan kedisiplinan, agar siswa baru mempunyai jiwa mandiri dan disiplin.

Kendati telah mendapatkan materi pendidikan karakter dan kedisplinan, namun sejumlah siswa baru di SMK Nahlatul Ulama 01 Kendal masih ada yang terlambat dan ketahuan tidak disiplin. Padahal siswa sudah tiga hari menjalani pembentukan karakater, namun masih saja ada siswa yang melanggar kedisiplinan.

Sejumlah siswa baru pria kedapatan masih memelihara rambut panjang, sehingga kepala sekolah maupun panitia MPLS terpaksa harus mencukur rambut siswa tersebut. "Senang dengan mengikuti kegiatan pembentukan karakter, meski kedisiplinan terasa berat," terang Bagus, salah satu siswa baru.

Sementara kepala sekolah, Mohamad Izudin mengatakan, pengenalan sekolah ini dilakukan dengan membentuk karakter siswa melalui kedisiplinan. Untuk menghindari adanya perploncoan atau kekerasan fisik antara senior dengan yuniornya, banyak cara dilakukan pihak sekolah dalam kegiatan masa orientasi sekolah atau masa pengenalan lingkungan di sekolah.

Pembentukan karakter menjadi pilihan sekolah, karena diharapkan mampu menjadikan siswa berdedikasi tinggi dan disiplin. Dalam kegiatan ini, pihak sekolah melibatkan anggota TNI dari Koramil Kendal Kota. "Kegiatan pembentukan karakter ini dimulai dari disiplin waktu, disiplin diri sendiri yang meliputi kerapian," terang Mohamad Izudin.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1731 seconds (0.1#10.140)