UAD Jalin Kerjasama Pendidikan Keagamaan dengan Azerbaijan

Kamis, 18 Juli 2019 - 08:37 WIB
UAD Jalin Kerjasama Pendidikan Keagamaan dengan Azerbaijan
Duta besar Indonesia Untuk Azerbaijan Husnan Bay Fananie memberikan kuliah umum di UAD Yogyakarta, Rabu (17/7/2019).
A A A
YOGYAKARTA - Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta dan Azerbaijan melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan budi pekerti dan kegamaan. Untuk kepentingan itu, duta besar Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bay Fananie, Rabu (17/7/2019) berkunjung ke UAD guna memberikan kuliah umum tentang pendidikan di Azerbaijan dan kehidupan masyarakat dan pemerintah di negeri tersebut.

Pekan lalu, UAD telah menandatangani kesepakatan dengan empat perguruan tinggi (PT) tentang kerjasama tersebut. Yaitu pendidikan bahasa, teknologi, budi pekerti dan keagamam.

“Kedatangan saya ke sini, sebagai tindak lanjut dari kerjasama di bidang pendidikan itu,” kata Husnan soal kedatanganya di UAD tersebut.

Husnan menjelaskan untuk kerjasama pendidikan ini, diharapkan nantinya bukan hanya khusus budi pekerti dan mental (pendidikan agama), namun juga pendidikan secara umum. Sebagai tahap awal UAD sudah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Azerbaijan tentang pendidikan keagamaan yang mengkaji tentang studi keislaman. “Itulah yang nanti akan dikerjasamakan dengan Azerbaijan,” terangnya.

UAD sendiri juga sudah menawarkan kepada pemerintah Azerbaijan beasiswa bagi 10 mahasiswa untuk menempuh studi di UAD termasuk akomodasinya. Untuk tempat tinggal mereka akan ditempatkan di pondok pesantren (Ponpes) UAD. “Kerjasama ini, diharapkan sudah teraliasi pada tahun ini,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan Rektor UAD Kasiyarno. Ia mengatakan, sebagai implementasi dari kerjasama tersebut, pihaknya berharap 10 mahasiswa Azerbaijan itu sudah datang di UAD pada tahun akademik ini. Mereka nantinya akan menempuh studi untuk jurusan agama dan bahasa.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6380 seconds (0.1#10.140)