alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Amerika Serikat Tak akan Jual F-35 ke Turki

Victor Maulana,
Amerika Serikat Tak akan Jual F-35 ke Turki
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengatakan Washington tidak akan menjual jet tempur F-35 Turki. Foto/Istimewa

WASHINGTON - Turki baru saja menerima sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia. Hal ini membuat Amerika Serikat (AS) ngambek. Presiden AS, Donald Trump mengatakan Washington tidak akan menjual jet tempur F-35 Turki. 

Trump membuat pengumuman itu saat pertemuan kabinet di Gedung Putih. Di mana dia menyalahkan administrasi mantan Presiden Barack Obama untuk kebuntuan dan mengekspresikan simpati terhadap keputusan Turki.

"Kami memiliki situasi di mana Turki sangat baik dengan kami, dan kami sekarang memberitahu Turki bahwa karena Anda benar-benar terpaksa membeli sistem rudal lain, kami tidak akan menjual kepada Anda jet tempur F-35," kata Trump, seperti dilansir PressTV pada Rabu (17/7).



"Ini adalah situasi yang sangat sulit bagi mereka dan ini adalah situasi yang sangat sulit yang telah kami tempatkan di AS. Dengan semua yang dikatakan, kita sedang mengerjakannya. Kami akan melihat apa yang terjadi, tetapi itu tidak terlalu adil," sambungnya.

Terkait S-400, sebelumnya pesawat kargo kesembilan Rusia yang mengangkut komponen sistem rudal S-400 mendarat di Pangkalan Udara Murted, pinggiran Ankara, Senin sore. Kementerian Pertahanan Turki mengatakan pengiriman akan terus belanjut.

Pengiriman senjata pertahanan canggih Moksow yang dibeli Ankara itu dimulai sejak Jumat pekan lalu. Pengiriman berlangsung meski AS memperingatkan Ankara bahwa pembelian senjata Rusia akan terkena sanksi dari Washington.



(nun)

loading...