Obor ASG XI Hari Ini Diarak dari Mrapen ke Balai Kota Semarang

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:59 WIB
Obor ASG XI Hari Ini Diarak dari Mrapen ke Balai Kota Semarang
ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019 .FOTO/DOK
A A A
SEMARANG - Prosesi penyalaan obor dari api abadi Mrapen, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/7/2019) hari ini, bakal mengawali rangkaian pembukaan ASEAN Schools Games (ASG) XI 2019 di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Obor dari Mrapen itu dijadwalkan diarak menuju Balai Kota Semarang dan diinapkan semalam sebelum hari pelaksanaan ASG XI 2019 padaKamis (18/7/2019).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinung N Rachmadi mengatakan prosesi penyalaan api ASG akan melibatkan sejumlah atlet pelajar dan pejabat. Upacara dimulai sekitar pukul 10.00 WIB di Mrapen, dan diperkirakan tiba di Balai Kota Semarang pukul 12.00 WIB.

Rute arak-arakan obor dengan kendaraan dimulai dari Mrapen melewati Gubug-Mranggen-Pedurungan-Jalan Brigjen Katamso-Jalan Jendral A Yani-kawasan Simpanglima-Jalan Pandanaran-Balai Kota Semarang. Masyarakat dan pelajar kami harap ikut memeriahkan arak-arakan tersebut, ujar Sinung, Selasa (16/7/2019)

Kemudian, pada Kamis (18/7/2019) sekitar pukul 13.30WIB, obor kembali diarak menuju Holy Terang Bangsa School yang menjadi lokasi pembukaan ajang kompetisi olahraga pelajar se-Asia Tenggara tersebut. Sejumlah menteri dari negara peserta dijadwalkan hadir. Akan tetapi, pembukaan tidak terbuka untuk masyarakat umum.

Seremoni pembukaan akan dihadiri 4.000 orang pelajar di Kota Semarang, 1.600 orang atlet dan official sebagai peserta, 200 orang delegasi dari negara ASEAN, serta tamu undangan lainnya, seperti dari Pemerintah Pusat (Kementerian), gubernur, Forkopimda, jajaran SKPD provinsi maupun kabupaten/ kota, bupati/ wali kota, dan lainnya.

Masyarakat bisa menyaksikan kemeriahan pembukaan ASG live di TVRI. Kami juga berharap para pelajar dan masyarakat, khususnya di Kota Semarang, ikut memberikan dukungan kepada para atlet, dengan menonton pertandingan di setiap venue. Gratis, tidak dipungut biaya, jelasnya.

Dalam pembukaan ASG XI akan dimeriahkan sejumlah musisi ibu kota. Seperti mantan vokalis band Cokelat, Kikan, Virza Indonesian Idol, Kunto, dan penyanyi cilik Carrisa penyandang Tunanetra yang tenar setelah bertemu Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Perlu diketahui, ASG 2019 yang diikuti 10 negara termasuk Indonesia, akan mempertandingkan sembilan cabang olahraga dengan venue seluruhnya di Kota Semarang. Atletik, tenis meja, dan tenis lapangan akan dilangsungkan di Stadion Tri Lomba Juang, bulutangkis di GOR Universitas Semarang, sepak takraw di GOR Unika Soegijapranata, renang di Stadion Jatidiri, pencak silat di Patra Hall and Convention Hotel, bola basket di GOR Sahabat, dan bola voli indoor di GOR UIN Walisongo.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8833 seconds (0.1#10.140)