196 Jamaah Calon Haji Kota Salatiga Pamitan dengan Wali Kota

Selasa, 16 Juli 2019 - 19:23 WIB
196 Jamaah Calon Haji Kota Salatiga Pamitan dengan Wali Kota
Sejumlah calon jamaah haji saat berpamitan dengan Wali Kota Salatiga Yuliyanto di ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga, Selasa (16/7/2019). FOTO/IST
A A A
SALATIGA - Sebanyak 196 calon jamaah haji Kota Salatiga berpamitan dengan Wali Kota Yuliyanto di Ruang Kaloka Gedung Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Selasa (16/7/2019). Sebanyak 190 orang calon jamaah haji akan berangkat ke Tanah Suci, Mekah pada 30 Juli 2019.

Sedangkan enam orang lainnya akan berangkat bersama calon jamaah haji dari daerah lain yang tergabung dalam kloter terakhir atau sapu jagad. Dalam sambutannya Wali Kota Salatiga Yuliyanto, menyampaikan selamat kepada jamaah calon haji Kota Salatiga yang akan segera berangkat ke tanah suci tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Yuliyanto juga mendoakan agar Allah SWT meridhoi perjalanan ibadah para jamaah agar dapat menunaikan rukun Islam yang kelima dengan khusuk dan ikhlas serta dapat memperoleh predikat mulia sebagai haji yang mabrur.

"Ibadah haji harus menjadi pintu gerbang awal menuju ibadah dan pembinaan kesalehan sosial lainnya. Haji bukanlah suatu gengsi maupun prestasi sosial, melainkan bagaimana meningkatkan kualitas kemanusian seutuhnya," katanya.

Yuliyanto menyebut bahwa haji yang mabrur adalah haji yang tidak peduli simbol-simbol budaya pencitraan dan yang mengindividu, melainkan sebuah dorongan murni peningkatan kualitas kemanusiaan seseorang baik secara individu maupun sosial.

"Kepada para petugas atau pendamping, saya pesan agar proaktif utamanya dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji. Laksanakan tugas dengan ikhlas, ramah dan sopan serta penuh tanggung jawab," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga Nurudin menjelaskan, calon jamaah haji Kota Salatiga masuk dalam kloter 81 sebanyak 190 jamaah dan 6 orang masuk kloter terakhir atau sapu jagad. Kloter 81 dijadwalkan diberangkatkan oleh Wali Kota Salatiga pada 30 Juli 2019 pukul 05.00 WIB.

"Para calon jamaah haji dijadwalkan masuk Asrama Haji Donohudan pukul 08.00 WIB. Sedangkan kloter sapu jagad dijadwalkan masuk asrama pada 4 Agustus 2019 pukul 06.00 WIB," terangnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7128 seconds (0.1#10.140)