Tiga Mahasiswa FE UII Yogyakarta Raih Gelar ACCA

Senin, 15 Juli 2019 - 15:41 WIB
Tiga Mahasiswa FE UII Yogyakarta Raih Gelar ACCA
Direktur ACCA Indonesia Cony Siahaan menyerahkan gelar Advanced Diploma in Accounting & Business dari Association of Chartered Certified Accountans (ACCA) kepada tiga mahasiswa FE UII, Minggu (14/7/2019). FOTO/DOk Humas UII
A A A
YOGYAKARTA - Tiga mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) Yogyakarta berhasil mendapatkan gelar Advanced Diploma in Accounting & Business dari Association of Chartered Certified Accountans (ACCA).

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Lyanda Pasadhini, Muli Wening Utami dan Tiyas Kurnia Sari. Mereka memperoleh gelar setelah sebelumnya menempuh dua ujian kualifikasi ACCA yaitu modul F5 (Performance Management) dan F8 (Auditing & Assurance).

Ujian kualifikasi Association of Chartered Certified Accountants (Ujian Kualifikasi ACCA) adalah ujian kualifikasi bertaraf internasional yang menyediakan kesempatan kepada setiap individu untuk memiliki kesempatan karir global di bidang akuntansi dan keuangan.

Penyerahan gelar dilaksanakan saat acara “UII-ACCA Appreciation Day” di Gedung Prof Ace Partadiredja, FE UII, Minggu (14/7/2019).

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik & Riset UII, Imam Djati Widodo mengatakan gelar ACCA ini bukan hanya sekedar gelar akademik mahasiswa akuntansi, namun juga sangat penting di era global. Dimana landscape pekerjaan atau permintaan kebutuhan SDM berubah dari waktu ke waktu.

Perusahaan di Indonesia tidak hanya membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia saja sehingga masyarakat Indonesia harus mampu bersaing dengan masyarakat dari luar Indonesia."Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan sertifikasi seperti ACCA ini,” kata Imam Djati, Senin (15/7/2019).

Ketua Program Studi Akuntansi FE UII, Mahmudi mengatakan bahwa Prodi Akuntansi UII sangat mendukung kegiatan ACCA dan berharap kedepannya lebih banyak lagi mahasiswa yang lulus di level advance diploma bahkan level professional. "Karna ACCA merupakan program yang sangat bagus di level internasional," tandasnya.

Penerima gelar dari ACCA, Lyanda Pasadhini menyampaikan bahwa kelulusan modul ACCA bukanlah bagian utama dari mengikuti program ACCA. "Poin utama dari mengikuti program ACCA ini adalah mahasiswa akan memiliki technical knowledge, menjadi lebih professional dibandingkan dengan yang hanya murni gelar S. Ak,” jelas Lyanda.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9465 seconds (0.1#10.140)