Jalur Evakuasi Gunung Merapi di Klaten dan Magelang Rusak

Senin, 14 Januari 2019 - 10:59 WIB
Jalur Evakuasi Gunung Merapi di Klaten dan Magelang Rusak
Jalur evakuasi Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Klaten dan Magelang rusak. BPBD Jateng meminta pemda segera memperbaikinya karena status Gunung Merapi di level Waspada. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Sejumlah jalur evakuasi di wilayah Kabupaten Klaten dan Magelang mengalami kerusakan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mendesak pemerintah daerah (pemda) setempat harus segera melakukan perbaikan. Saat ini status Gunung Merapi masih pada level 2 atau waspada.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana menyebutkan jalur evakuasi yang rusak di wilayah Klaten meliputi Kecamatan Kemalang, Manisrenggo dan Karangnongko. Yakni ruas jalan Ngemplakseneng-Panggang dan Panggang-Balerante di sisi barat. Juga ruas jalan Surowono-Tegalmulyo dan Gorosan-Gemampir-Jiwan.

"Jalur evakuasi itu sangat dibutuhkan untuk mengungsikan warga ketika status Gunung Merapi berada pada level yang membahayakan, terutama jalur evakuasi yang ada di wilayah Klaten," kata Sarwa Pramana, Senin (14/1/2019). (Baca Juga: Malam Ini Merapi Muntahkan Lava 6 Kali, Warga Diminta Tenang
"Sedangkan jalur evakuasi yang rusak di Kabupaten Magelang ada sekitar 400 meter dan untuk perbaikannya sudah diajukan ke provinsi. Mudah-mudahan untuk Magelang bisa diatasi APBD. Untuk Klaten pengajuannya Rp100 miliar lebih. Dari provinsi, saya mendengar sudah ada alokasi dana perbaikan itu," ungkapnya.

Sarwa Pramana berharap bantuan provinsi untuk perbaikan jalur evakuasi di Klaten bisa diperhatikan. Sebab posisi waspada ini sudah memberi peringatan kepada pemerintah segera melakukan langkah-langkah antisipasi.

"Karena bila jalur evakuasi yang rusak belum segera dilakukan perbaikan, dikhawatirkan akan menghambat proses evakuasi saat terjadi erupsi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5209 seconds (0.1#10.140)