Berebut Bangku di Hari Pertama Masuk Sekolah

Senin, 15 Juli 2019 - 09:00 WIB
Berebut Bangku di Hari Pertama Masuk Sekolah
Berebut Bangku di Hari Pertama Masuk Sekolah. Ilustrasi
A A A
BANYUMAS - Hari pertama masuk sekolah siswa sekolah dasar (SD) di Banyumas diwarnai aksi rebutan kursi dan bangku sekolah oleh para siswa dan orang tua siswa. Hal ini dilakukan karena para siswa khawatir jika nantinya mereka tidak mendapatkan bangku terdepan.

Mereka memilih duduk di depan agar bisa menangkap pelajaran dengan baik. Demi mendapatkan kursi terdepan, para siswa ini rela datang sejak pukul 04.00 dinihari, bahkan tak jarang lebih pagi lagi.

Contohnya, para siswa SDN Satu Pancurendang, Ajibarang, Kabupaten Banyumas langsung berlarian berebut masuk kelas saat penjaga sekolah membuka pintu gerbang sekolah dan pintu kelas. Mereka yang sudah menunggu lama begitu bersemangat masuk kelas agar bisa mendapatkan bangku kelas terdepan.

Aksi rebutan bangku duduk ini dilakukan para siswa agar mereka bisa mendapatkan kursi terdepan di sekolah tersebut. Para wali murid sendiri bahkan sengaja mengantar ke sekolah anaknya sejak pukul 03.00 dinihari untuk bisa mendapatkan kursi terdepan bagi anaknya.

Para wali murid khawatir jika anaknya duduk dibangku paling belakang. "Sedangkan bagi siswa yang datang terlambat, mereka harus rela tidak mendapatkan bangku kelas di tempat favorit," terang Diva, siswa SDN 1 Pancurencang.

Menurut salah satu wali murid, mereka harus mempersiapkan anaknya agar bisa berangkat ke sekolah pada pagi dinihari untuk kebaikan belajar anaknya. "Dengan bisa duduk di depan, orang tua siswa berharap anaknya bisa menangkap dengan baik pelajaran yang diberikan guru saat mengajar," terang Supinah, salah satu wali murid.

Sementara itu ada beberapa wali murid yang menandai meja dengan tas-tas mereka saat datang dinihari. Hal ini mereka lakukan agar bangku kelas yang sudah diincar ini tidak diduduki siswa lain. Di SDN 1 Pancurendang ini setiap tahun ajaran baru, para siswa berangkat pagi dinihari untuk kebaikan belajar mereka.

Tak hanya kelas satu yang baru mulai belajar, para siswa kelas 2 hingga kelas 6 juga berebut bangku terdepan agar bisa belajar dengan lebih konsentrasi dan mudah menyerap pelajaran yang diberikan guru mereka.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9088 seconds (0.1#10.140)