Kapal Muatan Peti Kemas Hantam Crane Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Senin, 15 Juli 2019 - 07:30 WIB
Kapal Muatan Peti Kemas Hantam Crane Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
Kapal Muatan Peti Kemas Hantam Crane Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
A A A
SEMARANG - Kapal bermuatan peti kemas meluncur bebas hingga menghantam crane di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) kompleks Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Akibatnya crane yang di bawahnya terdapat sejumlah truk, langsung roboh.

Berdasarkan rekaman video yang beredar di media sosial, kapal bermuatan banyak peti kemas terlihat bergerak tanpa kendali mendekati dermaga. Terdengar teriakan beberapa orang di lokasi tersebut untuk memperingatkan bakal terjadi benturan keras.

Sesaat kemudian, benturan keras tak terhindarkan. Crane yang tinggi menjulang berwarna kuning langsung roboh. Debu juga terlihat mengepul dari lokasi kejadian.

"Iya tadi keras sekali suaranya, tapi untuk penyebab kejadian seperti apa saya kurang tahu," ujar seorang saksi yang disebutkan namanya, Minggu (14/7/2019).

Berdasarkan informasi yang dihiimpun, peristiwa itu bermula dari tali kapal untuk tunda di depan haluan putus. Akibatnya kapal meluncur tidak terkendali. Sementara untuk melakukan tunda masuk dari sisi dalam kapal sudah tidak bisa dilakukan.

Peristiwa yang terjadi sekira pukul 17.00 WIB itu pun mengundang perhatian warganet. Sejumlah video yang memperlihatkan detik-detik tabrakan beredar luas di media sosial.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1592 seconds (0.1#10.140)