alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

808 Peserta Ikuti Sleman Temple Run 2019

Priyo Setyawan
808 Peserta Ikuti Sleman Temple Run 2019
Bupati Sleman Sri Purnomo saat melepas peserta Temple Run 2019 di Candi Banyunibo, Bokoharjo Prambanan, Sleman, Minggu (14/7/2019). FOTO/Dok Pemkab Sleman

SLEMAN - Sebanyak 808 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri mengikuti Sleman Temple Run 2019 dengan start dan finish di objek wisata Candi Banyunibo, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Minggu (14/7/2018).

Sleman Temple Run 2019 melombakan tiga kategori, yaitu kategori 25 K umum putra-putri dan TNI/Polri, K13 putra dan putri serta 7 K putra dan putri dengan total hadiah Rp127 juta.

Bupati Sleman Sri Purnomo melepas para peserta ditandai dengan pengibasan bendera star. Sri Purnomo bukan hanya melepas namun juga menjadi peserta kegiatan tersebut. Orang nomor satu di Kabupaten Sleman ini mengikuti kategori 13 K.



Dalam sambutanya Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan kegitan ini bukan hanya sekedar olahraga, namun lebih dari itu juga mengajak dan mengenalkan objek wisata, khususnya candi yang ada di sekitar Prambanan, kepada para pelari. Karena itu, para pelari akan melewati beberapa objek wisata di kawasan Siva Plateu yang berada di wilayah prambanan. Seperti Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Sojiwan, Candi Miri, Candi Ijo, sport Riyadi, Tebing Breksi dan berakhir kembali di Banyunibo. "Event ini merupakan gabungan olahraga dan wisata," kata Sri Purnomo

Sri Purnono mengharapkan para pelari setelah mengikuti kegiatan ini mau menceritakan apa yang mereka lihat di sekitar Prambanan kepada keluarga, teman-teman dan komunitasnya sehingga mereka tertarik untuk datang ke tempat ini. Jadi secara tidak langsung kegiatan tersebut juga mempromosikan obyek wisata di Sleman. “Untuk itu event seperti ini harus mendapat dukungan dari semua pihak," harapnya.

Kepala dinas pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih menambahkan 808 peserta tersebut meningkat dibandingkan penyelenggaraan tahun 2018, yaitu 560 peserta. Mereka bukan hanya dari lokal Sleman dan DIY namun juga dari beberapa daerah di Indonesia, antara lain Jawa Tengah, DKI, Bali, Lampung, Medan, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur serta dari luar negeri.

“Tercatat ada 25 peserta dari luar negeri yang berasal dari 13 negara, seperti Inggris, Belanda,Jerman, Perancis, Swedia, Singapura, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Amerika Serikat dan Kenya. Peserta luar negeri juga meningkat dibandingkan tahun lalu. Sebab tahun 2018 hanya diikuti lima peserta dan luma negera,” tambahnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif