Ratusan Warga Kali Manggis Temanggung Kesulitan Air Bersih

Sabtu, 13 Juli 2019 - 19:38 WIB
Ratusan Warga Kali Manggis Temanggung Kesulitan Air Bersih
Sejumlah warga Kali Manggis, Kaloran, Kabupaten Temanggung mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Foto/Ilustrasi
A A A
TEMANGGUNG - Kemarau panjang yang melanda wilayah Kabupaten Temanggung mengakibatkan sumber air yang ada di Desa Kali Manggis, Kecamatan Kaloran mengerig. Imbasnya, warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk mendapatkan air bersih warga harus mengambil air di sumber air di Desa Ngoho, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang yang jaraknya cukup jauh. “Sumber air dan sumur warga sudah mengering. Saya harus ngangsu ke sumber yang masih ada airnya,” kata Sumini (40) warga Dusun Jagang, Kali Manggis, Sabtu (13/7/2019).

Menurut dia, air tersebut hanya digunakan untuk kebutuhan memasak dan minum. Sedang untuk mandi cuci kakus, warga harus melakukan di sungai yang jaraknya cukup jauh dari rumah warga. “Air bersih hanya untuk masak dan minum. Mandi dan mencuci di sungai,” ujarnya.

Dia mengatakan, Desa Kali Manggis yang berada di perbukitan memang masuk daerah rawan kekeringan. Setiap musim kemarau sumber air bisa dipastikan mengering. "Setiap musim kemarau panjang, warga kesulitan mendapatkan air bersih," tukasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3389 seconds (0.1#10.140)