alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ganjar dan Wali Kota Semarang Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi

Taufik Budi
Ganjar dan Wali Kota Semarang Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi
Ganjar dan Wali Kota Semarang Dinilai Layak Masuk Kabinet Jokowi. Ilustrasi

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dinilai layak mendapatkan jatah kursi menteri pada era pemerintahan Joko Widodo (Jokowi). Selain rekam jejak kepemimpinan menjadi kepala daerah, keduanya juga berhasil menggalang suara untuk kemenangan Jokowi.

"Mungkin di daerah mana yang memenangkan, bisa saja Jokowi juga ngambil gubernur yang sukses jadi menteri," kata pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Teguh Yuwono, Selasa (9/7/2019).

Sebelumnya diberitakan, pasangan Jokowi-Maruf Amin meraih 16.825.511 suara atau 77,29 persen di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sementara pasangan Prabowo-Sandi memperoleh 4.944.447 suara atau 22,71 persen.



Dengan perolehan suara itu, maka pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Maruf mendapatkan 77,29 persen di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah. Sedangkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi memperoleh 22,71 persen.

"Karena banyak gubernur, bupati yang berkontribusi kepada kemenangan Jokowi. Saya kira semua jalan ini mungkin dilakukan (untuk kursi menteri). Semua jalan ini mungkin punya akses terhadap Jokowi. Jalur partai politik pengusung, jalur kepala daerah bupati, gubernur, wali kota," terangnya.

"Jawa Tengah ini besar kontribusinya (terhadap kemenangan Jokowi). Tentu pengaruh Ganjar di Jateng dan Hendi (Hendrar Prihadi) di Kota Semarang juga sangat tergantung Bu Mega (Megawati Soekarnoputri)," beber dia.

Menurutnya, Jokowi juga harus minta izin kepada Megawati bila menghendaki Ganjar atau Hendi duduk dalam kabinet. "Kalau gubernur, bupati, wali kota itu yang dari PDIP tidak bisa tidak, Jokowi harus izin pada Bu Mega," pungkasnya.



(mif)

loading...