Cak Imin Diminta Kembali Pimpin PKB

Rabu, 10 Juli 2019 - 03:54 WIB
Cak Imin Diminta Kembali Pimpin PKB
Muhaimin Iskandar saat menerima pernyataan dukungan kembali menjabat Ketum PKB yang diserahkan oleh disampaikan Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori dalam Sosialisasi Mukatamar PKB di Semarang, Selasa (9/7/2019) malam. FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah, serta seluruh pengurus kabupaten/kota di provinsi ini sepakat untuk kembali mengusung Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPW PKB Jateng KH M Yusuf Chudlori dalam acara Halal Bihalal dan Sosialisasi Mukatamar PKB di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/7/2019) malam. Muktamar PKB dijadwalkan digelar di Bali pada 20 Agustus 2019 mendatang. "Ini demi menjaga kekompakan yang sudah terbukti dalam Pemilu 2019, dan melanjutkan kemenangan pada Pemilu yang akan datang," tegas Gus Yusuf, panggilan akrab Yusuf Chudlori.

Hadir dalam acara ini, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Sekjen DPP PKB Hanif Dhakiri, Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman, serta sejumlah caleg DPR RI terpilih.

Menurutnya, sosok Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin telah terbukti bisa membangun sinergi yang sangat baik di semua tingkatan kepengurusan PKB. "Termasuk membangun sinergi dengan induk organisasi, orang tua kita yakni NU. Mulai dari DPP, DPW, DPC, semua bisa bersinergi dengan NU," tegasnya.

Atas dasar itu, kata Gus Yusuf, situasi itu harus terus dilanjutkan, untuk kemenangan PKB dalam Pemilu 2014. "Kita juga butuh sosok yang energik, dan bisa bermanuver cantik. Dulu bisa kita lihat mulai dari Join yang populer. Yang awalnya Jokowi-Muhaimin, meski akhirnya menjadi Jokowi-Amin. Dan kita yakin beliau masih punya amunisi, untuk ke depan," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Gus Yusuf juga melaporkan hasil Pemilu 2019, dimana PKB mendapatkan suara dan kursi yang cukup signifikan di Jawa Tengah. "Kursi di DPRD kabupaten/kota bisa menembus 243. Ini ada kenaikan yang besar dari Pemilu sebelumnya," katanya.

Apresiasi juga diberikan kepada empat kabupaten yang berhasil menang dalam Pemilu. Masing-masing Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Batang, dan Kendal. "Di Kendal baru tahun 2019 ini PKB bisa menang dalam Pemilu sejak jaman Orde Baru," ungkap dia.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan pembacaan dukungan pengurus PKB kabupaten/kota kepada Muhaimin Iskandar. "Kita ingin, Mukatamar kembali memilih bapak Muhaimin Iskandar sebagai ketua umum secara aklamasi," ujar ketua DPC PKB Grobogan Nur Wibowo yang mewakili semua pengurus.

Acara tersebut juga diisi dengan pembacaan Pakta Integritas oleh anggota DPRD provinsi Jawa Tengah terpilih. Selanjutnya Pakta Integritas tersebut diserahkan kepada Rois Syuriah PWNU Jateng KH Ubaidillah Shodaqoh.

Sementara itu, KH Ubaidillah Shodaqoh mengatakan tidak bisa menutup mata atas peran PKB selama ini. "Selalu ada peran dari rekan-rekan PKB di semua tingkatan. Kalau kita (NU) dianggap bapak (oleh PKB), tentu kita merasa terima kasih yang sebesar-besarnya," ujarnya.

Kiai Ubaid pun mendoakan, ke depan kursi PKB di Parlemen bisa terus bertambah. "Kalau saat ini akan menggelar Muktamar, kita harapkan bisa dipilih (ketua umum) secara aklamasi," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1511 seconds (0.1#10.140)