666 Peserta SBMPTN Lolos Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Selasa, 09 Juli 2019 - 19:15 WIB
666 Peserta SBMPTN Lolos Masuk UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
UIN Sunan Kalijaga menetapkan 666 peserta lolos mengikuti SBMPTN) 2019. FOTO/ILUSTRASI/DOk SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menetapkan 666 peserta yang lolos mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

Hasil seleksi ini berasal dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ristekdikti secara nasional.

Ketua kantor Admisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Aulia Faqih mengatakan jumlah peserta yang lolos ini melebihi kuota yang ditentukan sebelumnya yaitu 634. Karena dari proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ada peserta yang tidak registrasi ulang, maka kuotanya dialihkan ke SBMPTN.

"Mereka yang diterima ini murni dari hasil tes UTBK. Jadi nilai sub tes dikalikan dengan bobot nilai kluster program studi. Hasilnya kemudian nilai akhir dirangking dari nilai terbesar ke terkecil dan jumlah mahasiswa yang diterima disesuaikan dengan kuota Program Studi," kata Aulia dalam siaran pers kepada SINDOnews, Selasa(9/7/2019) sore.

Lebih lanjut Aulia menjelaskan, untuk yang mendaftar ke UIN Sunan Kalijaga lewat SBMPTN ada 9.681 peserta. Dibandingkan tahun sebelumnya ada penurunan 1.304 dari 10.985. Berkurangnya peserta ini terjadi secara nasional dan sistem baru seleksi menggunakan komputer yang diterapkan untuk seluruh perguruan tinggi negeri.

Dia menambahkan Prodi yang peminatnya paling banyak untuk SBMPTN secara umum di UIN Sunan Kalijaga adalah Ilmu Komunikasi (1.148), Ilmu Perpustakaan (907) dan Ilmu Hukum (818). Sementara tingkat keketatan antar peserta ada di Prodi Teknik Informatika, Teknik Industri dan Ilmu Komunikasi.

Peserta yang diterima wajib melakukan pengisian data profil mahasiswa secara online melalui laman: dataprofil.uin-suka.ac.id pada tanggal 10 – 17 Juli 2019, login menggunakan nomor peserta SBMPTN. Peserta yang diterima SBMPTN bisa di lihat di laman http://uin-suka.ac.

Staf Humas UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Khabib menambahkan bagi mereka yang belum diterima melalui SBMPTN bisa mendaftar di jalur mandiri UIN Sunan Kalijaga secara online di laman http://admisi.uin-suka.ac.id yang akan berakhir pada 12 Juli 2019. Jalur mandiri peserta bisa mendaftar semua prodi menggunakan tes tertulis.

“Kelompok sains, akan mengikuti Paper Base Test (PBT) IPA, dan peserta kelompok Isoshum akan mengikuti ujian PBT IPS,” tambahnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9264 seconds (0.1#10.140)