alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gagal Tes Kesehatan, 10 Calon Taruna Akpol Dipulangkan

Ahmad Antoni
Gagal Tes Kesehatan, 10 Calon Taruna Akpol Dipulangkan
Salah seorang catar yang dipulangkan karena dinyatakan tak memenuhi syarat tes kesehatan dalam pengumuman tahap pertama seleksi di Akpol Semarang, Senin (8/7/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Panitia seleksi penerimaan calon taruna (catar) Akademi Kepolisian (Akpol) memulangkan 10 catar dalam pengumuman pengumuman tahap pertama di Gedung Cendikia Akpol, Semarang, Jawa Tengah, Senin (8/7/2019) pagi.

Ke sepuluh catar tersebut terdiri 8 taruna dan 2 taruni. Mereka dipulangkan karena gagal memenuhi syarat dalam tes kesehatan. Dengan demikian, sebanyak 372 berhak untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

“Dalam tes administrasi sebanyak 382 catar dinyatakan memenuhi syarat semua, artinya tidak ditemukan adanya penyimpangan. Kemudian dari tes kesehatan, kita temukan ada 10 catar yang tidak memenuhi syarat,” ungkap Karo Dalpers SSDM Polri Brigjen Pol Sudarsono kepada wartawan seusai pengumuman seleksi tahap pertama.



Namun demikian, pihaknya tidak bisa menyampaikan apa saja penyebab ke 10 catar yang tidak memenuhi syarat dalam tes kesehatan. “Kami tidak bisa sampaikan apa-apa penyebab yang bersangkutan tak memenuhi syarat. Tapi kepada yang bersangkutan kita berikan konsultasi kepada tim konsuling yang menjelaskan kenapa dinyatakan tak memenuhi syarat, sehingga yang bersangkutan bisa memperbaiki lagi untuk seleksi tahun depan,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk selanjutnya para catar yang dinyatakan lolos seleksi tahap pertama selanjutkan mengikuti tes psikologi yang dilangsungkan di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang.

“Namun kami tak bisa jelaskan apa saja materi tes psikologi. Nanti tim tes psikologi pusat yang bisa memberikan gambaran yang jelas

Kemudian usai tes psikologi, tahapan selanjutnya adalah tes PMK (penelusuran mental kepribadian). “Kemudian dilaksanakan pengumumpan pemulangan tahap kedua pada 14 Juli,” sebutnya.

Untuk diketahui, dalam tahap akhir seleksi tahun ini. Akpol akan menerima 250 catar yang terdiri 220 taruna dan 30 taruni.



(nun)

loading...