alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

OS Hongmeng Diklaim Lebih Cepat Dibandingkan Android

Muh Iqbal Marsyaf
OS Hongmeng Diklaim Lebih Cepat Dibandingkan Android
Huawei sedang membangun sistem operasi OS Hongmeng/ OS Ark buatan sendiri guna memangkas ketergantungannya terhadap OS besutan perusahaan AS, Google Android.

SHENZHEN - Huawei sedang membangun sistem operasi buatan sendiri guna memangkas ketergantungannya terhadap OS besutan perusahaan AS, Google Android.

Perusahaan China itu telah menjadwalkan konferensi pengembangnya atau HDC 2019 pada 9-11 Agustus di Kota Dongguan, China. Konferensi akan membahas berbagai produk dan layanan dengan sorotan utama pembukaan OS Hongmeng, penantang OS Android buatannya sendiri.

OS Hongmeng yang akan memiliki nama global OS Ark itu sendiri bukannya tanpa tantangan. Hal itu diakui CEO dan pendiri perusahaan, Ren Zhengfei dalam wawancara baru-baru ini.



Dilansir laman Giz China, dia meyakini OS akan memiliki masalah besar dengan OS populer. Namun secara khusus, CEO membual bahwa OS Hongmeng akan lebih cepat daripada Google Android dan Apple iOS. Bahkan akan memiliki aplikasi yang lebih luas juga.

Dia mengklaim penundaan pemrosesan hanya dalam beberapa milidetik. Sementara OS Android secara umum hanya digunakan pada smartphone dan tablet, Ren Zhengfei mengungkapkan, OS Hongmeng dapat digunakan pada router, switch jaringan, tablet, komputer, dan juga pada pusat data.

Lebih lanjut dikatakan, OS ketika dirilis akan berfungsi sebagai platform perangkat lunak yang sempurna untuk Internet of Things (IoT). Antara lain untuk perangkat rumah pintar dan kendaraan otonom.

Huawei diketahui telah diberi lampu hijau dari perusahaan AS untuk keperluan produknya. Tetapi raksasa China masih mendorong perkembangan Hongmeng dan bisa segera menjadi kenyataan.



(mif)