Sleman Luncurkan Souvenir Boneka Salman dan Aplikasi Cariaku

Sabtu, 06 Juli 2019 - 22:57 WIB
Sleman Luncurkan Souvenir Boneka Salman dan Aplikasi Cariaku
Bupati Sleman Sri Purnomo meluncurkan souvenir khas Sleman Boneka Salman saat pembukaan PPD Sleman 2019, di Lapangan Denggung, Sleman, Sabtu (6/7/2019) sore. FOTO/IST
A A A
SLEMAN - Pemkab Sleman me-launching souvenir atau cinderamata khas Sleman, yaitu boneka Salman dan aplikasi layanan produk UMKM Cariaku saat pembukaan pameran potensi daerah (PPD) Sleman 2019 di lapangan Denggung, Sleman, Sabtu (6/7/2019) sore.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganan (Disperindag) Sleman, Tri Endah Yitnani mengatakan boneka Salman merupakan idiom dari kata salak Sleman, yang terdiri dari dua boneka laki-laki dan perempuan yang berbalut busana batik khas Sleman salak parijotho. Boneka laki-laki diberi nama Kang Mang dan boneka perempuan diberinama Yu Sal.

“Sedangkan Aplikasi Cariaku merupakan layanan untuk mencari dan menelusuri produk-produk UMKM Sleman,” kata Endah di sela-sela pembukaan PPD Sleman 2019 tersebut.

Endah menjelaskan dengan adanya souvenir tersebut bukan hanya sekedar souvenir, namun yang lebih penting lagi untuk mengenalkan potensi, terutama salak dan batik Sleman serta hal lain yang berhubungan dengan Sleman. Sehingga dengan souvenir tersebut, nantinya orang akan mengerti jika itu adalah ciri khas yang ada di Sleman.

“Karena itu, souvenir Salman ini, juga akan dibuat dalam bentuk produk suvenir lain, seperti baju, gantungan kunci, stiker, mug, dan lainya,” paparnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Sleman, Sri Purnomo. Dia berharap dengan diluncurkannya cinderamata boneka Salman tersebut dapat menjadi ikon baru Sleman. Sehingga siapa saja yang melihat Salman akan ingat Sleman. "Itulah harapan kami," ungkapnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2578 seconds (0.1#10.140)