alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Foto Kepala Humas UNY Dipakai untuk Menipu

Priyo Setyawan
Foto Kepala Humas UNY Dipakai untuk Menipu
Pelaku penipuan yang mengunakan PP foto Kahumas UNY Anwar Effendi. FOTO/IST

YOGYAKARTA - Foto kepala Humas UNY, Anwar Effendi digunakan untuk melakukan penipuan. Foto Anwar digunakan sebagai profil picture (PP) WhatsApps (WA) nomor 081247077409. Dengan berbekal PP tersebut, pelaku mencoba menipu sejumlah orang dengan modus meminjam uang.

Untuk menyakinkan para calon korban, pelaku juga mengirimkan foto temannya yang bernama Hadi sedang berbaring sakit. Isi WA-nya di antaranya Pie kabar e...?? iso tulungin bentar gak ...??, Ada simpanan saldo di Atm ...?? ta pinjam sebentar .... mau ta kirim ke rek teman tar malam sekitar jam 11 sudah ta balikin lagi. Maaf merepotkan yo ...??, sebenarnya butuh 3,7 jt. Tapi kl gk cukup brapa aja bisa gpp kirim ke rek bank Cimb Niaga no 76182410260 a/n PRASETYO HADI, kode bank 022.

Kahumas UNY Anwar Effendi menegaskan jika dirinya tidak pernah mengirim WA itu, justru memberitahukan jika ada koleganya baik dosen mahasiswa maupun siapa saja yang menerimnaya untuk mengabaikan pesan itu.



Ngaputen, kalau ada yang kirim WA penipuan dengan foto saya,mohon diabaikan, matur nuwun,” kata Anwar Effendi memberitahu koleganya lewat pesan WA soal adanya oknum yang mencatut namanya untuk melakukan penipuan.

Menurut Anwar adanya pencatut namanya itu, diperkirakan berawal saat dirinya akan membuka email gmailnya. Namun saat aka membuka tidak bisa mengakses dan diinfokan jika ada yang mencoba masuk selain dirinya. “Ya itu awalnya,” paparnya.

Anwar pun berharap tidak ada yang tertipu dengan mentransfer uang seperti yang diminta oknum tersebut. “Semoga tidak ada yang tertipu,” harapnya.



(nun)

loading...