ACT DIY Siapkan 500 Tangki Air Bersih untuk Gunungkidul

Jum'at, 05 Juli 2019 - 19:51 WIB
ACT DIY Siapkan 500 Tangki Air Bersih untuk Gunungkidul
ACT berasama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) DIY menyiapkan 500 tangki air bersih untuk masyarakat Gunungkidul. FOTO/IST
A A A
GUNUNGKIDUL - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) beragam Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) DIY terus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hidup di tengah kejadian bencana. Begitu juga dengan bencana kekeringan yang rutin melanda Gunungkidul setiap tahun.

Untuk tahun ini ACT menyiapkan 500 tangki air bersih untuk membantu masyarakat di Gunungkidul yang mengalami kekeringan. Bantuan tersebut di berikan secara gratis pada titik titik daerah yang dipadukan takan sangat rawan oleh tim assesment ACT MRI DIY. "Kita akan berikan di beberapa titik di Gunungkidul seperti saat ini di Kecamatan Ngawen," ungkap Humas ACT DIY Nasrudin kepada SINDOnews, Jumat (5/7/2019).

Untuk melakukan pemetaan pihaknya juga bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul. Dari data yang diterima tercatat 14 kecamatan yang sudah mulai mengalami kekeringan. Akhirnya pihaknya melakukan pemilihan lokasi seperti yang dilakukannya Desa Jurang Jero, Kecamatan Ngawen.

Sulitnya memperoleh air bersih di Desa Jurang Jero membuat sejumlah warga Gunungkidul terpaksa harus berusaha ekstra untuk mendapatkan air. “Di Kecamatan Ngawen hanya tersedia beberapa sumur yang hampir seluruhnya kering, tempat penampungan air juga mulai kering tak terisi hingga terlihat kerak yang mulai mengelupas,” katanya.

Sarah, salah satu relawan MRI mengatakan, tim dari Lembaga Kemanusiaan ACT bersama MRI mengirim sedikitnya 15.000 liter air bersih untuk didistribusikan kepada warga Desa Jurangjero. "Kita langsung siap akan titik-titik pemberian air bersih dan warga berkumpul menggunakan ember atau jeriken," katanya.

Bantuan ini merupakan bantuan yang di nanti masyarakat setempat. Saat musim kemarau warga biasanya membeli air dari tangki swasta. Untuk satu tangki dengan kapasitas 5.000 liter harus ditebus dengan harga Rp350.000.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7640 seconds (0.1#10.140)