Pasar Rejosari Dibangun dengan APBD, Pemkot Salatiga Harus Akhiri Kerjasama Investor

Kamis, 04 Juli 2019 - 10:42 WIB
Pasar Rejosari Dibangun dengan APBD, Pemkot Salatiga Harus Akhiri Kerjasama Investor
Pedagang Pasar Rejosari saat menggelar dagangannya di pasar darurat di kawasan Jalan Veteran Kota Salatiga. Foto/Dok.SINDOnews.
A A A
SALATIGA - Anggota Komisi C DPRD Kota Salatiga Supriyadi Fatkhi meminta Pemkot Salatiga dalam hal ini Dinas Perdagangan untuk tidak melelangkan proyek Pasar Rejosari senilai Rp20 miliar sebelum kerjasama dengan pihak ketiga terkait revitalisasi pasar tradisional tersebut diakhiri.

Sebab apabila kerjasama belum diakhiri dan proyek tersebut dilaksanakan dengan dana APBD 2019 akan menimbulkan masalah dikemudian hari. “Prinsipnya kerjasama dengan pihak ketiga harus diselesaikan (diakhiri) dulu. Kalau sudah selesai, baru dilelangkan,” katanya kepada SINDOnews, Kamis (4/7/2019).

Sebagaimana diketahui, kerjasama revitalisasi Pasar Rejosari antara Pemkot Salatiga dengan pihak ketiga yakni PT Patra Berkah Itqoni (PBI) terjalin pada 2012 lalu. Namun hingga batas waktu yang ditentukan, yakni Januari 2018, ternyata investor tidak dapat melaksanakan pekerjaan sesuai perjanjian kerjasama.

Atas dasar itu, Pemkot Salatiga berencana mengakhiri kerjasama dengan investor. Pengakhiran kerjasama hingga saat ini masih dalam proses.
Disi lain, pada tahun anggaran 2019 ini, Pemkot Salatiga akan membangun Pasar Rejosari dengan dana APBD Kota Salatiga. Pemkot telah mengalokasikan anggaran senilai Rp20 miliar.

Supriyadi mengatakan, sebelum kerjasama dengan pihak ketiga diakhiri, sesui ketentuan Pemkot Salatiga belum bisa membangun Pasar Rejosari. “Untuk itu, kerjasama dengan pihak ketiga harus diselesaikan dulu. Soal waktu pelaksanaan pembangunan Pasar Rejosari dengan dana APBD yang sudah mempet, bisa diatur lagi. Yang penting jangan sampai ada masalah dikemudian hari,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Salatiga Fakruroji saat dihubungi SINDOnews menyatakan, pengakhiran kerjasama revitalisasi Pasar Rejosari dengan PT masih dalam proses. “Masih dalam proses Pak. Pengakhiran kerjasama dengan PT PBI in sya Allah tidak ada pengaruhnya dengan tender proyek Pasar Rejosari,” ucapnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8500 seconds (0.1#10.140)