7 Warung Tengkleng Menggugah Selera di Solo

Rabu, 03 Juli 2019 - 19:51 WIB
7 Warung Tengkleng Menggugah Selera di Solo
Sajian menu tengkleng khas dari Warung Tengkleng Yu Tentrem di Jalan Letjend Sutoyo, Gang Kelud Selatan, Ngadisono RT 4 RW 14, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo. FOTO/ISTIMEWA
A A A
SOLO - Datang ke Kota Solo, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi nikmatnya masakan tengkleng. Menu dengan bahan utama dari tulang kambing itu merupakan salah satu makanan khas dari kota Bengawan.

Berikut 7 warung tengkleng yang dapat menjadi referensi saat berburu kuliner di Solo.

1. Warung Tengkleng Yu Tentrem
7 Warung Tengkleng Menggugah Selera di Solo

Berada di Jalan Letjend Sutoyo, gang kelud Selatan, Ngadisono RT 4 RW 14, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo. Satu porsi tengkleng dibanderol Rp35ribu+nasi+minum dan gratis makan krupuk sepuasnya di tempat. Menu tengkleng bisa milih mulai dari iga, sumsum, lidah, pipi, mata, telinga, otak, dan sate khusus pesanan.

Tengkleng Yu Tentrem sudah lama dikenal karena rasanya lezat, mantap, enak, serta khas dari Solo. Resep masakan turun temurun tetap dipertahankan kualitasnya sampai sekarang. Keunggulannya adalah tidak prengus, bersih, kuah bening karena tidak memakai santan, tidak memakai gajih, dan tidak memakai jerohan. Bahkan, tengkleng Yu Tentrem telah menjadi langganan keluarga mantan Presiden Suharto hingga keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Warung dibuka mulai pukul 10.00 WIB dan biasanya sudah habis sekitar pukul 13.00 WIB. Bagi pelanggan yang ingin datang, biasanya telepon dulu agar tidak kecele karena telah habis.

2. Tengkleng Klewer Bu Edi
Terletak di bawah Gapura Pasar Klewer, Solo. Buka pada jam 12.30–16.00 WIB dengan harga sekitar Rp25 ribu/porsi. Kedai yang terkenal dengan nama Tengkleng Klewer ini rasanya nikmat. Penyajiannya pun unik karena menggunakan pincuk daun pisang. Sementara dagingnya hanya sedikit dan menempel di tulang kambing. Soal rasa, banyak pengunjung yang ingin menambah dan membawanya pulang. Bahkan Presiden Jokowi ternyata juga sering membeli Tengkleng resep Bu Edi.

3. Tengkleng Pasar Gede Solo
Ketika berburu kuliner di Pasar Gede Solo menjelang siang, tengkleng Pasar Gede mungkin bisa menjadi pilihan. Dengan rasa dan aroma yang lebih kuat, kuliner ini asyik dinikmati saat panas. Harganya juga bersahabat sekitar dari Rp20 ribu/porsi. Lokasi yang berada di pojokan pasar, cukup enak sembari melihat suasana transaksi di pasar tradisional. Dalam satu porsi tengkleng, bakal mendapatkan nasi dengan guyuran kuah segar beraroma dan gurih, ditambah olahan tulang kambing dan jeroan yang dimasak dengan rempah-rempah dan menjadi makanan yang lezat dan nikmat.

4. Tengkleng Pak Manto
Berada di Jalan Honggowongso, Laweyan, Solo, Tengkleng Pak Manto memiliki resep tersendiri dalam memasak. Sedikit berbeda dengan menu serupa lainnya, resep yang digunakan adalah bumbu rica. Sehingga namanya sangat dikenal dengan tengkleng rica. Warung mulai buka pukul 06:30–19:00 WIB sedangkan harga bervariasi antara Rp30-50 ribu/porsi.

5. Tengkleng Solo Bu Jito Dlidir
Terletak di Jalan Kolonel Sugiono, Kadipiro, Banjarsari, Solo, buka mulai pukul 08.00–20.00 WIB. Sedangkan untuk satu porsi harganya di kisaran Rp20 ribu. Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah mengedepankan rasa klasik. Kuahnya yang encer menyatu dengan dagingdan tulang belulang. Istimewanya, tidak ada aroma prengus kambing. Belum lagi ada tambahan rempah yang terasa mulai dari sendokan pertama.

6. Warung Tengkleng Kambing Bu Pon
Terletak di Jalan Kapten Mulyadi, Shelter Lojiwetan, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo dan buka mulai pukul 08.00–14.00 WIB. Tengkleng tersaji dengan kuah yang lebih encer dari gulai. Meski tempat makannya sangat sederhana, tapi rasa tengklengnya ala restoran bintang lima. Yang sangat khas dari Tengkleng Bu Pon adalah rasa gurih dari kuahnya yang cukup kuat. Serta terdapat cabai rawit utuh di dalamnya sehingga menimbulkan rasa pedas. Isinya cukup lengkap, ada iga, sumsum, dan bagian kepala kambing. Untuk harganya satu porsi berkisar Rp25 ribu.

7. Tengkleng Mbak Diah
Lokasinya berada di pinggiran Kota Solo, tepatnya di Desa Kwarasan, Tanjunganom, Kecamatan Grogol, Sukoharjo. Khabarnya warung ini juga menjadi langganan mantan Presiden Soeharto saat ke Solo. Jam bukanya mulai pukul 09.00-21.00 WIB dengan harga sekitar Rp35 ribu/porsi. Berbeda dengan tengkleng lainnya, di Warung Mbak Diah dagingnya cukup banyak. Dagingnya memiliki tekstur yang lembut sehingga tidak menyusahkan jika dikunyah.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9197 seconds (0.1#10.140)