alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar 9 Kali, Jarak Luncur 1.700 Meter

Ainun Najib
Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar 9 Kali, Jarak Luncur 1.700 Meter
Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava sebanyak 9 kali sejak malam hingga Sabtu (12/1/2019) pagi. FOTO/DOK.SINDOphoto

YOGYAKARTA - Gunung Merapi terus menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi. Gunung yang berada di perbatasan Yogyakarta-Jawa Tengah ini kembali mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur mencapai 1.700 meter, Sabtu (12/1/2019).

Berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) periode pengamatan pada Sabtu (12/1/2019) mulai pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat guguran lava pijar sebanyak 9 kali.

Rinciannya sebanyak 7 kali ke arah tenggara dan dua kali ke arah timur laut denga jarak luncuran antara 50 meter hingga 1.700 meter. Sementara itu gempa guguran sebanyak 11 kali, gempa tektonik jauh sebanyak 1 kali.



Kepala BPPTKG Hanik Humaidah tetap mengimbau kegiatan pendakian di Gunung Merapi untuk sementara tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana. Selain itu radius 3 Km dari puncak Gunung Merapi agar dikosongkan dari aktivitas penduduk.

"Masyarakat agar tidak terpancing isu-isu mengenai erupsi Gunung Merapi yang tidak jelas sumbernya," tulis BPPTKG dalam pengumuman resminya.



(AMM)

loading...