KontraS Sebut Ada 643 Kasus Kekerasan oleh Oknum Polri

Senin, 01 Juli 2019 - 18:04 WIB
KontraS Sebut Ada 643 Kasus Kekerasan oleh Oknum Polri
KontraS Ungkap 643 Peristiwa Kekerasan Oleh Oknum Polri. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyebut dalam jangka waktu 11 bulan ada 643 peristiwa kekerasan yang dilakukan oleh oknum anggota Polri. Data yang disampaikan oleh Koordinator KontraS Yati Adriyani berasal dari data Juni 2018 hingga Mei 2019.

"Sedikitnya telah terjadi 643 peristiwa kekerasan oleh pihak kepolisian mulai dari tingkat polsek hingga polda dengan beragam tindakan, seperti penembakan, penyiksaan, penganiayaan, penangkapan sewenang-wenang yang mengakibatkan korban luka dan tewas," ujar Yati di Kantor KontraS, Kwitang, Jakarta Pusat, Senin (1/7/2019). Temuan tersebut diungkap bertepatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Bhayangkara.

Laporan tersebut disusun berdasarkan pada pemantaun dan advokasi yang dilakukan oleh KontraS, sebagai bagian dari partisipasi masyarakat sipil dalam mendorong akuntabilitas Polri menjalankan tugas dan fungsinya. Yati menjelaskan dari laporan itu didapati tiga aspek. Pertama, kekerasan yang melibatkan Polri dari mulai penembakan hingga penangkapan secara sewenang-wenang yang mengakibatkan korban luka dan tewas.

Kedua, penggunaan kewenangan dan diskresi oleh anggota Polri dengan menggunakan kekerasan dalam penanganan kasus atau proses penegakan hukum. Ketiga, pengawasan yang lemah oleh pihak internal maupun eksternal kepolisian.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.8026 seconds (0.1#10.140)