Balas Budi, Pengamat Undip Prediksi Kabinet Baru Jokowi Bakal Gemuk

Senin, 01 Juli 2019 - 17:20 WIB
Balas Budi, Pengamat Undip Prediksi Kabinet Baru Jokowi Bakal Gemuk
Pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Teguh Yuwono. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Susunan kabinet pada periode kedua pemerintahan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) disebut bakal lebih gemuk dari sebelumnya. Orang-orang yang duduk di jajaran elite menteri diperkirakan merupakan wajah-wajah baru.

"Dugaan saya kabinet besok itu adalah kabinet gemuk, karena terlalu banyak utang budi Jokowi terhadap pihak-pihak, pada pihak yang membantu memenangkan, mereka yang menjaga stabilitas supaya kondusif ke depan sama-sama membangun bangsa," kata pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip), Teguh Yuwono, Senin (1/7/2019).

Ketua Program Magister Ilmu Politik FISIP Universitas Diponegoro itu menyampaikan, komposisi kabinet bakal menggabungkan antara politisi dan profesional. Meski demikian, kalangan politisi disebut jumlahnya lebih dominan agar bisa mengakomodasi banyak parpol pengusung ketika Pilpres 2019.

"Feeling saya akan kabinet ini akan gemuk dan akan diisi oleh komposisi orang-orang yang profesional dan orang-orang yang punya kontribusi terhadap kemenangan politiknya. Jadi pertimbangan politik. Feeling saya pertimbangan politik lebih banyak daripada profesional," katanya.

"Menteri-menteri yang punya prestasi bagus, punya kedekatan emosional awareness dengan Pak Jokowi bagus, saya kira menteri-menteri lama masih ada yang dipertahankan mungkin ada 5-6 orang," kata pria asal Ungaran Kabupaten Semarang itu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1640 seconds (0.1#10.140)