Seluruh Pasien Corona Sembuh, Kebumen Siap Deklarasikan New Normal

Kamis, 11 Juni 2020 - 07:01 WIB
loading...
Seluruh Pasien Corona Sembuh, Kebumen Siap Deklarasikan New Normal
Sejumlah anggota Polres Kebumen membersihkan Masjid Agung Kauman Kebumen dari debu-debu yang menempel sebelum dibuka kembali untuk salat jamaah. Foto/ist
A A A
KEBUMEN - Kabupaten Kebumen , Jawa Tengah berhasil melawan Corona. Seluruh pasien positif virus Corona atau COVID-19 di kabupaten ini dinyatakan sembuh. Karena tak ada lagi warga yang terpapar virus Corona, Pemkab Kebumen menyatakan siap mendeklarasikan new normal life.

Memasuki new normal, hari ini, Kamis (11/6), Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz dan Wakil Bupati H Arif Sugiyanto, didamping beberapa anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 berencana membuka pintu Masjid Agung Kauman.

"Pembukaan Masjid Kauman sebagai tanda dimemulainya hidup new normal. Masjid sudah bisa digunakan salat jamaah lima waktu dan ibadah salat Jumat. nanti akan diikuti oleh masjid-masjid lainnya," kata Wakil Bupati H Arif Sugiyanto saat dihubungi SINDOnews, Kamis (11/6/2020).

Untuk pertama kalinya sejak pandemi Covid-19 di Kebumen pertengahan Maret lalu, pintu utama Masjid Agung Kauman Kebumen ditutup dan baru dibuka kembali untuk digunakan Salat Fardu secara berjamaah mulai, Kamis (11/6).

Arif mengatakan, meskipun pintu masjid dibuka, protokol kesehatan tetap dilakukan sesuai aturan Pemkab No 29 Tahun 2020, yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, tetap menjaga jarak, dan kegiatan sosial skala besar belum dilakukan.

Sebelum membuka Masjid kauman, Pemkab Kebumen juga akan menggelar Apel Kesiapan Pendisiplinan Protokol Kesehatan Covid-19 sekitar pukul 08.00 WIB."Apel ini dalam rangka pendisiplinan protokol pencagahan COVID-19, sekaligus menyambut kebijakan new normal life di Kebumen," kata pensiunan anggota Polri ini.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman menuturkan, dari hasil rapat yang dipimpin Ketua Takmir Masjid Agung Kauman KH Azhari Ahmad, diikuti petugas Poliklinik Kesehatan Kompleks Masjid Agung, dan aparat terkait diputuskan pintu samping dan belakang Masjid Agung akan dibuka saat Shalat Fardhu lima waktu, sedangkan pintu depan tetap ditutup.

Selanjutnya untuk pelaksanaan Shalat Jumat yang dibuka hanya pintu depan saja sebagai pintu utama keluar masuk jamaah."Petugas Polri, Dishub dan Satpol PP Kebumen akan membantu dalam Pengamanan dan memantau giat Shalat Jumat tersebut. Nanti akan kami ingatkan juga para jamaah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan selalu menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan,"jelas Iptu Tugiman.

Jamaah yang akan masuk ke dalam Masjid Agung Kauman Kebumen wajib diperiksa suhu badannya, selanjutnya harus menggunakan masker dan mencuci tangan. Pelaksanaan pengecekan suhu tubuh dilakukan di tenda depan pintu Masjid Agung.(Baca juga : Menuju New Normal, DPRD Salatiga Minta Tiap RW Lakukan Check Point )

Sedangkan halaman Masjid Agung Kauman yang biasa digunakan untuk parkir kendaraan, mulai Kamis besok parkir kendaraan di luar kompleks masjid. Halaman masjid diputuskan masih harus steril dari kendaraan roda empat.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3008 seconds (0.1#10.140)