Harga Ayam Anjlok, Peternak di Brebes Kosongkan Kandang

Senin, 01 Juli 2019 - 05:56 WIB
Harga Ayam Anjlok, Peternak di Brebes Kosongkan Kandang
Peternak ayam di Desa Kalipucang, Brebes, Waridin terpaksa mengosongkan kandangnya akibat anjloknya harga ayam di tingkat peternak. Foto/iNews.id/Yunibar
A A A
BREBES - Anjloknya harga ayam di tingkat peternak membuat para pelaku usaha kelimpungan. Mereka terpaksa mengosongkan kandang ayam broiler karena takut mengalami kerugian yang lebih besar.

Saat ini, harga jual ayam di tingkat peternak hanya Rp8.000 per kg, padahal saat Ramadan harga ayam mencapai Rp23.000 per kg.

Peternak mitra, Waridin mengaku, anjloknya harga ayam di tingkat peternak merupakan yang paling parah sejak beberapa tahun terakhir.

Dia mengaku telah mengosongkan kandang sejak sepekan lalu. Hal itu juga dilakukan hampir seluruh peternak di desanya. "Hampir semua peternak di sini membiarkan kandangnya kosong. Soalnya harga ayam masih anjlok," katanya, Minggu (30/6/2019).

Sambil menunggu stabilnya harga ayam broiler, para peternak ayam ini hanya beraktivitas membersihkan dan merapikan kandang.

Menurut Waridin, jika pada kondisi normal kandang 800 meter persegi bisa diisi 8.000 ekor bibit ayam boiler. Dia berharap, pemerintah dapat menstabilkan harga ayam boiler ditingkat peternak agar mereka bisa kembali bergairah untuk melangsungkan usahanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8175 seconds (0.1#10.140)