alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Presiden Terpilih Joko Widodo Ajak Prabowo-Sandi Bangun Bangsa Bersama

Rico Afrido Simanjuntak
Presiden Terpilih Joko Widodo Ajak Prabowo-Sandi Bangun Bangsa Bersama
Presiden RI Terpilih Jokowi mengajak rivalnya, Prabowo Subianto untuk bersama-sama membangun bangsa. FOTO/SINDOphoto

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin sebagai Presiden RI Terpilih periode 2019-2024. Jokowi mengajak rivalnya, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk ikut membangun bangsa bersama.

"Saya mengajak Pak Prabowo Subianto dan Pak Sandiaga Uno untuk bersama-sama membangun negara ini," kata Jokowi disambut tepuk tangan hadirin dalam sidang pleno penetapan presiden dan wakil presiden RI terpilih di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).

Jokowi-Maruf menyadari bahwa Indonesia adalah negara yang besar. "Indonesia tidak bisa dibangun hanya dengan 1 orang, 2 orang, atau sekelompok orang," ujarnya.



Jokowi yakin Prabowo-Sandi adalah patriot yang menginginkan Indonesia semakin kuat, maju, adil dan makmur. "Terakhir, saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melupakan perbedaan pilihan politik yang sempat membelah kita, 02 dan 01," katanya.

Dia mengatakan, masyarakat pendukung 01 Jokowi-Maruf maupun 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno harus bersatu kembali menjadi Indonesia. "Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk melupakan perbedaan pilihan politik yang sempat membelah kita, 02 dan 01 kita harus bersatu kembali menjadi Indonesia, negeri Pancasila yang mempersatukan kita semuanya," ujar Jokowi.

Di samping itu, dia bersama KH Maruf Amin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan rakyat Indonesia untuk mengemban tugas sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2034. Dia bersama KH Maruf Amin berjanji akan melanjutkan fondasi yang telah dibangunnya bersama Jusuf Kalla sebelumnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga tak lupa mengucapkan rasa syukurnya kepada KPU yang telah menyelesaikan tugas konstitusionalnya untuk menetapkan calon presiden dan wakil presiden terpilih melalui pleno terbuka.

Dirinya berjanji untuk bekerja sekuat tenaga untuk melanjutkan pondasi pemerintahan yang telah dibangun bersama Jusuf Kalla pada periode pertama pemerintahannya.

KPU sebelumnya resmi menetapkan Joko Widodo-KH Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka sore ini.

"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019 nomor urut 01 Joko Widodo dan dan KH Maruf Amin," kata Ketua KPU, Arief Budiman.

Dia turut membacakan perolehan suara masing-masing pasangan, yakni Jokowi-Maruf memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50%, sementara pasangan Prabowo-Sandiaga memperoleh 68.650.239 suara atau 44,50%.



(AMM)

loading...