alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KMP Kalibodri Jurusan Kumai Dipenuhi Para Pencari Kerja

Eddie Prayitno
KMP Kalibodri Jurusan Kumai Dipenuhi Para Pencari Kerja
Ratusan orang antre untuk masuk ke KMP Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kendal, Minggu (30/6/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO

KENDAL - Ratusan orang dari sejumlah daerah di Jawa Tengah memadati Pelabuhan Penyeberangan Kendal. Penumpang yang kebanyakan pencari kerja ini berdesakan masuk ke KMP Kalibodri jurusan Kendal-Kumai, Kalimantan Tengah. Mereka mengaku diajak teman yang pulang kampung saat Lebaran untuk bekerja di perkebunan.
 
Ratusan penumpang KMP Kalibodri berasal dari sejumlah kabupaten di Jateng, seperti Tegal, Wonosobo, dan Temanggung. Bahkan ada sebagian dari Jawa Barat.
 
Petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal mengatakan, KMP Kalibodri har ini mengangkut sebanyak 530 orang dengan tujuan Kumai, Kalteng. Sebagian besar penumpang adalah para pencari kerja baru.

Umumnya mereka diajak temannya yang mudik saat Lebaran dan ikut kerja di perkebunan sawit. "Saya baru pertama berangkat ke Kalimantan diajak temannya untuk bekerja di perkebunan," kata salah satu penumpang KMP Kalibodri, Warmo, Minggu (30/6/2019).
 
Begitu juga dengan Nasripin. Dia membawa keluarganya pindah ke Kalimantan untuk bekerja di perkebunan. "Saya diajak teman yang pulang waktu Lebaran untuk bekerja di perkebunan," katanya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pelabuhan Kendal, Andi Rahmat mengatakan, jumlah penumpang kali ini lebih banyak dibandingkan dengan pemberangkatan sebelumnya. Setidaknya 530 penumpang dewasa dan 53 penumpang anak ditambah kendaraan berat dan kecil.
 
Dia memperkirakan gelombang penumpang KMP Kalibodri di Pelabuhan Penyeberangan Kendal masih akan terjadi hingga Juli mendatang. Penumpang memilih kembali ke Kalimantan usai liburan sekolah atau menjelang tahun ajaran baru yang mulai masuk sekolah pertengahan Juli mendatang.





(AMM)

loading...