Manjakan Wisatawan, Kota Yogya Luncurkan Shutlle Si Thole

Sabtu, 29 Juni 2019 - 21:40 WIB
Manjakan Wisatawan, Kota Yogya Luncurkan Shutlle Si Thole
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meluncurkan shuttle bus wisata si Thole di Alun-Alun Utara Yogyakarta. FOTO/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Pemerintah Kota Yogyakarta berusaha memberikan layanan maksimal bagi wisatawan. Kali ini shutlle bus keliling kota mulai disiapkan untuk memanjakan wisatawan.

Shutle bus berwarna hijau untuk tujuh penumpang ini akan digunakan untuk membawa wisatawan keliling dalam beteng sekitar Keraton Yogyakarta.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, saat ini Kementerian Pariwisata menetapkan Yogyakarta sebagai 10 destinasi besar pariwisata nasional. Untuk itu upaya memberikan layanan yang membuat wisatawan betah sangat diperlukan.

"Shutlle ini kita desain memanjakan wisatawan dsn kita beri nama Si Thole," terangnya saat launching Si Thole di Yogyakarta, Sabtu (29/6/2019).

Dijelaskannya, Armada ini khusus angkutan wisatawan dalam kota. Moda transportasi wisata ini merupakan moda transportasi jarak pendek. "Si Thole mengaspal sesuai rute yang ditentukan, meski perlu penataan namun ini sudah bersahabat, " katanya.

Direncanakan Si Thole bisa dijumpai wisatawan di enam titik yang ditentukan dengan menggunakan halte. Enam lokasi tersebut diantaranya Parkir Ngabean, Keraton Yogyakarta, Taman Sari, Taman Pintar, Taman Parkir Senopati serta Titik 0 Kilometer. "Untuk tarif ada dua macam yaitu Rp5 ribu dan Rp6 ribu," ucap Ketua DPD Golkar DIY ini.

Sementara, Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkot Yogyakarta Andi Sasongko mengatakan, moda transportasi wisata Si Thole sebenarnya sudah pernah diperkenalkan pada 2014 lalu.

Saat itu untuk operasional pihaknya menggandeng Koperasi Forum Komunikasi Alun-Alun Utara (FKAAU). "Saat itu Si Thole beroperasi di trayek pendek, hanya di kawasan Jeron Beteng atau kompleks Keraton Yogyakarta,"ulasnya.

Saat ini ada lima armada yang persiapan balik nama di kepolisian. Kemudian kendaraan akan diserahkan kepada FKAAU untuk segera dioperasionalkan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0444 seconds (0.1#10.140)