Penjelasan Ganjar Pranowo soal Dukungan Kepala Daerah ke Jokowi

Sabtu, 12 Januari 2019 - 03:30 WIB
Penjelasan Ganjar Pranowo soal Dukungan Kepala Daerah ke Jokowi
Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo menjelaskan soal dukungan ke pasangan Jokowi-Maruf Amin. FOTO/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Munculnya foto Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang tengah disidang Bawaslu karena keluarkan pose jari yang identik dengan pasangan capres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menuai polemik. Sebab, sejumlah kepala daerah lain yang jelas-jelas menyatakan dukungan kepada pasangan capres Jokowi-Maruf Amin tidak dipersoalkan.

Menanggapi fenomena ini, Gubernur Jawa Tengah yang juga kader PDIP Ganjar Pranowo menganggap hal tersebut tidak sulit untuk dijelaskan. "Emang demokrasi kita baru kemarin sore, kalau saya, saya pastikan saya kampanye Jokowi. Kita enggak bisa plintat plintut gitu hanya pasti kita harus taat aturan," ujar Ganjar di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (11/1/2019).

Ganjar menganggap hal itu sederhana. Karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menjelaskan aturannya yakni para kepala daerah boleh mengikuti kegiatan kampanye Capres-Cawapres selama hari libur. Sedangkan di luar hari libur harus mengambil cuti.

Menurut Ganjar, aturan itu sangat gampang tinggal para kepala daerah menaati aturan tersebut. Sebab jika tidak ditaati maka, demokrasi akan terciderai dengan etika pejabat publik.

"Kemarin ketika ada beberapa kepala daerah Mas Anies, Kang Emil begitu terus gambar saya muncul saya lagi begini semua (tunjuk telunjuk), ya iyalah wong itu gambar kampanye saya kemarin kok, kebetulan kan saya nomor satu juga dulu (saat Pilkada Jateng). Jadi, begitu," pungkasnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2884 seconds (0.1#10.140)