Iran Ajukan Protes ke PBB Terkait Insiden Drone AS

Sabtu, 29 Juni 2019 - 14:00 WIB
Iran Ajukan Protes ke PBB Terkait Insiden Drone AS
Iran menunjukkan puing-puing drone AS yang ditembak jatuh. Foto/IST
A A A
TEHERAN - Iran secara resmi telah mengajukan protes kepada PBB terhadap Amerika Serikat (AS) atas pelanggaran wilayah udara saat pesawat tak berawak milik militer Amerika ditembak jatuh oleh Teheran awal bulan ini. Demikian laporan yang diturunkan kantor berita Iran, Tasnim.

"Protes itu diajukan ke Dewan Keamanan PBB atas agresi terhadap wilayah udara kita oleh pesawat tak berawak Amerika. Teheran berhak untuk menanggapi dengan tegas jika AS mengulangi pelanggaran," tulis Tasnim mengutip wakil Menteri Luar Negeri Iran Gholamhossein Dehghani, seperti disitat Reuters, Sabtu (29/6/2019).

Ketegangan meningkat antara Teheran dan Washington setelah Iran menjatuhkan pesawat militer AS pada 20 Juni lalu. Teheran mengatakan drone tersebut terbang di atas salah satu provinsi selatannya di Teluk. Sementara Washington mengatakan pesawat itu ditembak jatuh di atas perairan internasional.

AS sejatinya telah meningkatkan pasukannya di kawasan itu sejak awal Mei, ketika Washington mengirim baterai sistem rudal Patriot, pesawat pengebom berkemampuan nuklir, dan sebuah kelompok tempur kapal induk ke kawasan tersebut. Saat ini, Pentagon sudah menempatkan 1.500 tentara di Timur Tengah.

Washington menggunakan dalih ancaman yang tumbuh dari Teheran sebagai pembenaran untuk peningkatan jumlah pasukan. Washington menyalahkan Iran atas sejumlah insiden di kawasan itu selama dua bulan terakhir. Namun, Teheran menyangkal keterlibatannya.

AS juga menuding Iran berada di balik sejumlah serangan terhadap kapal tanker di wilayah Teluk. Terbaru, AS menuding Iran sebagai dalang serangan terhadap dua kapal tanker yang dengan tegas dibantah oleh Teheran.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5044 seconds (0.1#10.140)