alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Helikopter Mi-17 Dipakai 60 Negara, Terkenal Sangat Tangguh

Sunu Hastoro
Helikopter Mi-17 Dipakai 60 Negara, Terkenal Sangat Tangguh
Helikopter MI-17 milik TNI AD. DOK/SINDOnews

JAKARTA - Helikopter Mi-17 milik TNI AD bernomor registrasi HA-5138 dengan 12 penumpang yang dilaporkan hilang di Oksibil, Pegunungan Bintang Papua adalah helikopter buatan Rusia dan dipakai sekitar 60 negara.

Helikopter yang diawaki dua pilot dan seorang teknisi ini mampu mengangkut 30 tentara bersenjata lengkap dengan kecepatan maksimum 250 km per jam.

Selain itu mampu mengangkut persenjataan seberat 1.500 kg, termasuk bom dan roket. Enam unit Mi-17 seri VS Hip resmi memperkuat TNI sejak akhir Agustus 2011.



Berdasarkan kemampuannya, Mi-17 termasuk helikopter kelas menengah berat yang tangguh dan bisa digunakan untuk helikopter serbu, pengamanan perbatasan, pegunungan, serta pengerahan pasukan dan dukungan logistik.

Kepala SAR Jayapura Putu Arga Sudjarwadi menyatakan masih berkoordinasi dengan pihak Air NAF upaya pencarian tersebut. "Tim kami sudah ada yang di Oksibil, hanya besok kami dari sini akan berngkat lakukan pencarian bersama yang lain," kata Putu Arga. (Baca juga : Heli MI-17 Hilang Kontak di Pegunungan Bintang Papua)

Sementara Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Muhammad Aidi menjelaskan bahwa helikopter tersebut sednag melakukan droping logistik dan pergeseran pasukan Satgas.

"12 Orang semua, 7 crew dan 5 Anggota Satgas Yonif 725/Wrg, melakukan droping logistik, dan pergeseran pasukan di pos-pos Perbatasan, karena di sana hanya bisa dilakukan lewat udara," ungkapnya.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif