Perjuangan Tim SAR Selamatkan Orang Tercebur Sumur Sedalam 20 Meter

Jum'at, 11 Januari 2019 - 22:15 WIB
Perjuangan Tim SAR Selamatkan Orang Tercebur Sumur Sedalam 20 Meter
Tim SAR gabungan melakukan evakuasi korban yang jatuh ke dalam sumur di Desa Guyangan RT 03/ 08 Kecamatan Bangsri, Jepara, Jumat (11/1/2019). FOTO/IST
A A A
JEPARA - Tim SAR gabungan harus berjuang keras untuk menyelamatkan orang sakit yang mendadak tercebur sumur di Jepara. Sempitnya lubang sumur dengan kedalaman mencapai 20 meter menjadi tantangan petugas untuk menyelamatkan korban yang kian lemas.

Korban diketahui bernama Sutrisno (44), warga Desa Guyangan RT 3/RW 8 Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Sutrisno yang sedang tidak sehat diduga hilang keseimbangan jatuh terpeleset dan tercebur ke sumur.

Peristiwa itu awalnya diketahui oleh istri yakni Sutinah (39), karena suaminya tak kunjung kembali ke dalam rumah. Setelah 10 menit berlalu, dia pun berinisiatif menghampiri sumur dan melihat sosok tubuh yang diduga suaminya sekitar pukul 14.45 WIB.

Seketika dia berteriak minta tolong hingga warga berdatangan. Segala upaya dilakukan namun belum membuahkan hasil. Warga pun kemudian menghubungi tim SAR untuk menolong korban.

"Dengan informasi tersebut tim SAR memberangkatkan satu tim rescuer untuk melaksanakan operasi dengan membawa peralatan alat mountenering," kata Koordinator Pos SAR Jepara Whisnu Yuas, Jumat (11/1/2019).

Dalamnya sumur dan sempitnya lubang menjadi kendala tim SAR gabungan dalam mengevakuasi korban. Meski demikian, perjuangan berat tim SAR akhirnya membuahkan hasil. Korban bisa diangkat hingga atas dalam kondisi selamat.

"Tim SAR berhasil mengevakuasi korban di dalam sumur dalam keadaan selamat. Kedalaman sumur kurang lebih 20 meter dan diameter sekira 70 sentimeter. Setelah upaya tim SAR gabungan kurang lebih 30 menit korban berhasil dievakuasi," kata Whisnu.

Selanjutnya, korban dilarikan ke RSUD Kartini Kabupaten Jepara untuk mendapatkan pertolongan. Upaya pertolongan korban itu melibatkan tim SAR gabungan yakni Basarnas Pos SAR Jepara, BPBD, Polsek, Koramil, PMI, Ubaloka, Jepara Rescue, Bagana, dan MDMC.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3018 seconds (0.1#10.140)