Gara-gara Burung, Jet Tempur India Jatuhkan Tangki Bahan Bakar

Sabtu, 29 Juni 2019 - 06:57 WIB
Gara-gara Burung, Jet Tempur India Jatuhkan Tangki Bahan Bakar
Pesawat-pesawat jet tempur Jaguar India. Foto/ANI
A A A
NEW DELHI - Gara-gara burung, sebuah pesawat jet tempur Jaguar India menjatuhkan tangki bahan bakar dan mendarat darurat sebagai upaya penyelamatan. Ini terjadi setelah pesawat itu menabrak sekawanan burung dan mengalami kerusakan mesin.

Angkatan Udara India (IAF) memuji respons cepat pilot muda yang menerbangkan jet tempur tersebut. Sang pilot melakukan pendaratan darurat di pangkalan udara Ambala setelah pesawat menderita kerusakan. Kejadian itu berlangsung hari Kamis.

Sebelum mendarat darurat, pilot menjatuhkan tangki bahan bakar tambahan dan pod Carrier Bomb Light Stores (CBLS) untuk menghindari korban jiwa. IAF memujinya karena berpikir cepat, profesional dan mencegah bencana besar.

Menurut pejabat IAF, jet tempur Jaguar tersebut mengalami kerusakan mesin. Pesawat menabrak sekawanan burung tak lama setelah lepas landas.

"Pada pagi hari tanggal 27 Juni, sebuah pesawat tempur Jaguar IAF dengan dua tangki tambahan bahan bakar dan pod Carrier Bomb Light Stores (CBLS) lepas landas dari AFS Ambala untuk misi pelatihan. Segera setelah lepas landas, pesawat itu bertemu sekawanan burung," kata IAF, seperti dikutip India Today, Sabtu (29/6/2019).

Angkatan Udara juga mengatakan bahwa tindakan pilot memberikan kesaksian bahwa ia menerapkan standar profesional tertinggi IAF. Pilot itu, kata IAF, tidak hanya menyelamatkan aset tempur tetapi juga kehidupan banyak warga sipil di daerah itu.

"Tindakannya memberikan kesaksian dengan standar profesional tertinggi IAF yang dihasilkan dari pelatihan operasional yang luas. Profesionalisme dan pemikiran cepat oleh pilot tidak hanya menyelamatkan aset perang, tetapi juga kehidupan banyak warga sipil di daerah yang bersebelahan dengan lapangan terbang.

"Serangan burung mengakibatkan kegagalan salah satu mesinnya. Meskipun keadaan darurat paling serius menatap wajahnya, pilot muda menilai situasi dalam hitungan detik, membuang dua tangki bahan bakar tambahan dan pod CBLS sesuai Prosedur Operasi Standar dan dengan aman mendaratkan pesawat, "pernyataan itu berbunyi.

Salah satu tangki bahan bakar mendarat di daerah perumahan dekat pangkalan udara Ambala tetapi tidak ada yang terluka.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6985 seconds (0.1#10.140)