Areal Mina Sempit, Arab Saudi Kaji Gunakan Tenda Bertingkat

Jum'at, 28 Juni 2019 - 13:03 WIB
Areal Mina Sempit, Arab Saudi Kaji Gunakan Tenda Bertingkat
Contoh tenda bertingkat yang dipamerkan dalam Expo Masyair di Arab Saudi. Jenis tenda ini sedang dikaji untuk digunakan di Mina. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Penggunaan tenda bertingkat sedang dikaji oleh pemerintah Arab Saudi untuk jamaah haji ketika berada di Mina. Inovasi tenda yang rencananya digunakan pada musim haji mendatang itu telah dipamerkan di Expo Masyair.

Hal ini disampaikan Direktur Layanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis sebagai respons atas informasi yang viral di media sosial bahwa tahun ini akan dilakukan proyek penggantian tenda di Mina. Disebutkan juga bahwa tenda tersebut terdiri dari dua lantai dengan WC/Toilet yang dan kasur dua tingkat. Informasi ini disertai dengan foto bagian luar dan video bagian dalam tenda bertingkat yang akan digunakan.

“Berdasarkan informasi dari Ketua Muassasah Asia Tenggaran Amin Indragiri, proyek penyediaan tenda bertingkat tidak untuk dilaksanakan tahun ini. Foto dan video yang viral itu hanya contoh untuk diujicobakan pelaksanaannya, bisa jadi untuk tahun depan. Contoh tenda tersebut berada di pameran," kata Sri Ilham dalam siaran persnya, Jumat (28/6/2019).

Mina selalui menjadi isu krusial dalam penyelenggaraan ibadah haji. Sebab, luas areal Mina sangat terbatas sehingga jamaah hanya mendapat ruang yang sangat sempit saat menginap (mabit) di sana. Apalagi, proses menginap berlangsung cukup lama, dua sampai tiga malam. Keterbatasan area itu juga berdampak pada keterbatasan toilet. Akibatnya, fase mabit di Mina selalu diwarnai antrean panjang jamaah saat akan ke toilet.

“Terobosan ini baik. Semoga bisa segera diterapkan dan menjadi solusi atas keterbatasan areal yang ada di Mina, dan jamaah bisa lebih nyaman dalam beribadah,” katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7693 seconds (0.1#10.140)