Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Salatiga Rutin Periksa Kelaikan Bus

Kamis, 27 Juni 2019 - 10:36 WIB
Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Salatiga Rutin Periksa Kelaikan Bus
Cegah Kecelakaan, Satlantas Polres Salatiga Rutin Periksa Kelaikan Bus. Ilustrasi
A A A
SALATIGA - Satlantas Polres Salatiga menggencarkan operasi kelaikan kendaraan bermotor angkutan umum, khusus bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan antar kota dalam provinsi (AKDP). Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Marlin Supu Payu menyatakan, operasi kelaikan dilakukan rutin setiap minggu untuk memastikan armada angkutan umum yang beroperasional atau melintas di wilayah hukum Polres Salatiga dalam kondisi baik.

"Operasi kami lakukan di Terminal Tipe A Salatiga. Dalam melaksanakan kegiatan ini, kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Salatiga," kata Marlin, Selasa (27/6/2019).

Dia mengatakan, sasaran operasi kelaikan angkutan umum meliputi kelengkapan surat-surat, masa uji KIR, kondisi ban dan kesehatan para kru bus. Berdasarkan hasil operasi, masih ada bus yang kondisi tidak laik namun dioperasionalkan.

"Seperti pada operasi kemarin, kami mendapati bus yang tidak laik jalan dan ada pengemudi yang tidak membawa STNK asli. Bus kami tahan karena masuk kategori pelanggaran berat. Kami juga akan melakukan penelusuran mengenai STNK bus itu sesuai dengan yang terbitkan Samsat atau tidak," ujarnya.

Menurut Marlin, selain melakukan pemeriksaan kondisi fisik angkutan umum, Satlantas Polres Salatiga juga akan melakukan pemeriksaan kelaikan sepeda motor.

"Penyebab kecelakaan sejauh ini dipengaruhi banyak faktor mulai manusia, kendaraan atau lainnya. Untuk itu, kami akan melakukan pengecekan secara berkala untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0309 seconds (0.1#10.140)