alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Iran Sangat Yakin AS Tak Akan Berani Langgar Wilayahnya

Berlianto
Iran Sangat Yakin AS Tak Akan Berani Langgar Wilayahnya
Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh. Foto/Istimewa

TEHERAN - Militer Iran menyakini Amerika Serikat (AS) tidak akan berani melanggar wilayah mereka. Hal itu dikatakan oleh kepala divisi kedirgantaraan Garda Revolusi Iran (IRGC).

"Baik Amerika maupun negara lain tidak akan berani melanggar tanah Iran," ujar Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh seperti dikutip Reuters dari kantor berita Mehr, Rabu (26/6/2019).

Sementara itu seorang legislator senior parlemen Iran mengatakan jatuhnya pesawat tidak berawak AS mengirim pesan ke negara-negara lain di kawasan Timur Tengah untuk mengandalkan kemampuan mereka sendiri.



"Menghancurkan pesawat tak berawak Amerika adalah pesan yang sangat bagus bagi negara-negara lain di kawasan itu agar mereka tahu untuk menemukan kekuatan asli dengan mengandalkan kemampuan nasional mereka sendiri," kata Alaeddin Boroujerdi, anggota Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri di parlemen Iran.

Ketegangan meningkat antara Iran dan AS setelah Teheran menembak jatuh pesawat tak berawak Angkatan Laut Amerika. Iran mengklaim pesawat itu terbang di atas perairan teritorial mereka. Komandan militer Iran mengatakan, drone itu ditembak jatuh oleh rudal yang dikembangkan di dalam Republik Islam.

Namun Washington mengatakan pesawat tak berawak itu berada di wilayah udara internasional.

Presiden AS Donald Trump mengancam untuk melenyapkan wilayah Iran jika Negeri Mullah itu menyerang kepentingan apa pun milik Amerika. Namun Trump juga masih membuka pintu untuk dialog.



(nun)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif