alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Protes Harga Anjlok, Ribuan Ayam Dibagikan Gratis di Solo

Ary Wahyu Wibowo
Protes Harga Anjlok, Ribuan Ayam Dibagikan Gratis di Solo
Pembagian ayam gratis yang dilakukan Pinsar Jawa Tengah di Kota Solo, Rabu (26/6/2019). Foto/SINDOnewws/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Sebanyak 8.000 ekor ayam ras dibagikan gratis di Kota Solo oleh Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Jawa Tengah, Rabu (26/6/2019). Pembagian sebagai bentuk protes terhadap anjloknya harga ayam ras yang sampai kini tak ada solusi.

Ketua Pinsar Jawa Tengah Parjuni mengatakan, ribuan ekor ayam dibagikan di lima kecamatan di Solo. Pembagian dipusatkan di setiap kantor kecamatan secara serentak pukul 10.00 WIB. "Pembagian dilakukan karena kami terus merugi. Dari HPP (Harga Pokok Penjualan) yang ditetapkan sebesar Rp18.000/kg, kondisi harga di pasaran hanya Rp8.000/kg," kata Parjuni, Rabu (26/6/2019).

Selain di Kota Solo, pembagian ayam gratis juga dilakukan di Klaten, dan Yogyakarta. Pembagian sebagai bentuk protes terhadap harga ayam yang terus turun dari waktu ke waktu. Dengan begitu masyarakat umum juga tahu kondisi yang dialami peternak. Mengingat saat ini kondisi harga di pasaran terpantau normal Rp28.000-Rp32.000/kg.



"Hitung-hitung kami sedekah. Daripada dijual tapi membuat sakit hati," ucapnya.

Dengan kerugian yang dialami peternak sekitar Rp10.000/kg, maka dalam satu hingga dua bulan ke depan peternak kecil dikhawatirkan gulung tikar. "Saat ini sudah ada beberapa peternak yang memutuskan tidak produksi terlebih dulu," katanya. Dengan aksi ini harapkan ada upaya lebih dari pemerintah untuk membantu peternak kecil.

Suratmi (38), salah satu warga Kecamatan Jebres yang turut mengantre pembagian ayam gratis mengaku senang. Sebab dirinya dapat menghemat uang karena tak harus beli. "Bagi warga miskin, pembagian ayam gratis tentu sangat membantu. Tapi pada sisi lain, saya juga kasihan dengan
nasib peternak. Mudah mudahan segera dapat solusi," ucap Suratmi.



(AMM)

loading...