alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

500 Mahasiswa Hijaukan Kawasan Candi Prambanan

Ainun Najib
500 Mahasiswa Hijaukan Kawasan Candi Prambanan
Mahasiswa dan rapper Igor Saykoji foto bersama di depan Candi Bubrah sebelum menanam pohon. FOTO/DOK Djarum Foundation

SLEMAN - Sebanyak 500 mahasiswa dari berbagai universitas di Yogyakarta, Rabu (26/6/2019) menghijaukan kawasan Candi Prambanan dengan menanam ratusan pohon. Mereka tergabung dalam dalam gerakan Candi Darling atau Candi Sadar Lingkungan yang digagas oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Selain para mahasiswa ini terlihat juga rapper Igor Saykoji, youtuber Andovi da Lopez dan presenter Tommy Tjokro. Sebanyak 250 pohon dan 5000 semak berbunga dari 25 varietas pohon dan semak berbunga ditanam tersebar di kawasan candi yang berada di perbataan Jateng DIY ini.

Ratusan mahasiswa ini disebar di kawasan yang memiliki empat candi ini. Sekitar pukul 15.00 WIB secara serentak mereka mulai menanam pohon di sekitar Candi Roro Jongrang, Candi Bubrah, Candi Lumbung dan Candi Sewu. Berbagai jenis pohon ditanam seperti Sawo Kecik, bodi, Kepel, Keben, Maja dan lain sebagainya. Semua bibit tanaman ini diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman (PPT) Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus.



Igor Saykoji mengungkapkan ketertarikannya untuk bergabung dalam acara menanam pohon berama ini. Baginya memiliki anak yang menginjak remaja, isu lingkungan menjadi sesuatu hal yang menarik untuk dijadikan bahan obrolan. bahkan dia secara khusus mengaku menciptakan lagu berjudl plastik berkolaborasi dengan anaknya.

“Kita tahu, mayoritas sampah saat ini berjenis plastik yang sangat sulit diurai oleh bumi. Inilah yang membuat saya tertarik memberikan edukasi soal dampak dan tata kelola dari penggunaan plastik termasuk penghijauan demi kelestarian alam. Gerakan menanam pohon ini menunjukkan adanya harapan yang besar untuk memiliki lingkungan yang lebih baik di masa yang akan datang,” sambung Igor.

Sementara itu, Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji menuturkan, Candi Darling merupakan sebuah program dari gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling) yang diinisiasi oleh Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Menurut Supanji program Candi Darling merupakan langkah nyata dalam menggerakkan generasi milenial khususnya mahasiswa agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs cagar budaya Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas.

“Harapan jangka panjang adalah langkah ini akan menciptakan ekosistem lingkungan yang berkelanjutan,” ungkap FX Supanji.

General Manager PT PT Taman Wisata Candi (TWC) Unit Candi Prambanan, Aryono Hendro Malyanto menyebut kawasan Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di DIY dan Jateng.

“Diharapkan penanaman pohon ini makin menghijaukan kawasan Candi Prambanan. Semoga kawasan ini makin teduh dengan banyaknya pohon,” tutur Aryono.

Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, Zaimul Azzah sat memberikan sambutan menyebut dengan teduhnya wilayah candi, bukan tidak mungkin generasi milenial ini akan semakin sayang dengan peninggalan sejarah.“Paradigma sejarah itu membosankan akan hilang dengan semakin cantiknya candi-candi di Indonesia,” tutur Azzah.



(nun)

loading...