Istirahat di Rest Area Tol Ngawi-Kertosono, Jokowi Santap Pecel Madiun

Kamis, 20 Desember 2018 - 14:49 WIB
Istirahat di Rest Area Tol Ngawi-Kertosono, Jokowi Santap Pecel Madiun
Presiden Jokowi ditemani Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo beristirahat di rest area 597 tol ruas Ngawi-Kertosono, Kamis (19/12/2018). FOTO/IST
A A A
MADIUN - Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana Joko Widodo meresmikan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Pulau Jawa, Kamis (20/12/2018). Kehadiran Jokowi disambut langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochamad Effendi dan tamu undangan lainnya di rest area 597 Tol ruas Ngawi-Kertosono.

Mengenakan jaket hitam dan celana jins, Jokowi tiba di lokasi rest area tersebut sekitar pukul 10.30 WIB. Ia langsung disambut Ganjar beserta istri, Siti Atikoh dan undangan lainnya. Usai bersalaman dan berbincang sejenak, Jokowi dan Ganjar duduk satu meja di rest area tersebut. Keduanya terlihat sangat akrab dan selalu bercanda hingga terlihat keduanya tertawa dari kejauhan.

Keakraban keduanya semakin terlihat saat petugas membawakan sarapan pagi berupa pecel Madiun kepada Jokowi dan Ganjar. Dengan keripik tempe, presiden menyantap pecel Madiun itu dengan disertai obrolan santai bersama Ganjar.

Pecel Madiun yang dihidangkan hanya menggunakan daun pisang dan piring dari bambu. Meski begitu, makanan sederhana tersebut mampu membuat Presiden Jokowi tampak sumringah.

Usai makan, Presiden Jokowi sempat nge-vlog dan memamerkan pecel Madiun, sate Ponorogo dan karak melalui handphonenya. Aksi Presiden itu sempat diabadikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melalui video dan diunggah di media sosial Instagram. (Baca Juga: Jalan Tol Jakarta-Surabaya 741 Km Resmi Beroperasi
Menurut Dini (33), petugas penyedia makanan, dalam kesempatan itu dirinya menyediakan aneka makanan untuk presiden. "Iya tadi kami kasih beberapa makanan, tapi Pak Presiden suka sekali dengan pecel Madiun," ungkapnya.

Dini menuturkan bahwa Jokowi sempat mengatakan pecel Madiun yang disajikan enak. "Tadi juga Pak Presiden bilang pecelnya enak," ucapnya.

Usai menyantap makan siang, Jokowi dan Ganjar meninjau kios-kios makanan yang ada di rest area tersebut. Dengan ramah, keduanya menyapa pedagang dan warga yang berdesakan ingin berfoto bersama. "Pak Jokowi, saya minta foto pak," teriak warga.

Dengan sabar, Presiden melayani warga yang ingin berfoto. Beberapa kali bahkan Jokowi mendadak mengambil handphone warga dan memberikan kepada ajudan untuk mengambilkan foto. "Difotokan saja, biar hasilnya bagus," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Ganjar tak hanya meninjau kios penjual makanan di rest area, tapi juga memberikan masukan kepada para pedagang agar dagangannya laris.

"Kalau bisa yang dipajang di depan ini jangan makanan minuman kemasan, langsung saja yang dijual apa. Ibu jualan sambel welut, ya itu yang ditaruh di depan, pasti akan lebih menarik minat pembeli. Daripada seperti ini, malah kaya jualan mi instan," kata Ganjar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3200 seconds (0.1#10.140)