alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sediakan 3.125 Lowongan Kerja, Job Fair UNY Diserbu Pencari Kerja

Priyo Setyawan
Sediakan 3.125 Lowongan Kerja, Job Fair UNY Diserbu Pencari Kerja
Para pencari kerja sedang menanyakan informasi Job Fair UNY 2019 di auditorium kampus, Selasa (25/6/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

YOGYAKARTA - Job Fair UNY 2019 yang digelar di auditorium kampus diserbu para pencari kerja, Selasa (25/6/2019). Mereka mengantre sejak pagi sebelum pameran lowongan kerja resmi dibuka oleh Wakil Rektor III UNY Sumaryanto pada pukul 10.00 WIB.

Job Fair UNY tahun ini diikuti oleh 37 perusahaan dari DIY maupun luar DIY yang membuka 3.125 lowongan kerja dari berbagai tingkat pendidikan, mulai dari SMA hingga S1. Kegiatan ini rencananya berlangsung dua hari Selasa-Rabu (25-26/2019).

Ketua Panitia Job Fair UNY 2019, Minta Harsana mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mempertemukan para pencari dan penyedia kerja, terutama mendorong tingkat keterserapan lulusan perguruan tinggi dan sekolah menegah ke dalam dunia industri. Selain itu, juga untuk membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran.



"Diharapkan kegiatan ini dapat memberi solusi dalam menekan jumlah pengangguran," kata Harsana di sela-sela kegiatan.

Menurut Harsana, manfaat adanya job fair ini, bukan hanya bagi pencari kerja tapi juga perusahaan. Para pencari kerja, selain dapat langsung memasukkan lamaran ke bagian rekrutmen perusahaan, informasi posisi pekerjaan yang dibutuhkan juga lebih akurat serta terdapat banyak pilihan jenis posisi pekerjaan.  

"Manfaat untuk perusahaan dapat menemukan kandidat untuk perusahaan," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UNY Sumaryanto mengatakan, karena parameter alumni yang hebat adalah cepat lulus, IPK tinggi, bekerja sesuai kompetensinya dan masa tunggu singkat, maka masa depan dan karier harus direncanakan dengan baik. Jajaran kemahasiswaan harus bersinergi dalam perspektif pekerjaan dan memiliki jejaring.

"Mari kita berkolaborasi pada produk perusahaan dengan lulusan sekolah. Kami juga minta feed back agar apa yang dibutuhkan mitra kerja match dengan UNY," katanya.

Pengunjung job fair, Diva Nanda, merasa senang dengan adanya job fair ini karena bisa mempermudah mencari pekerjaan. Alumnus Prodi PGSD Universitas PGRI Yogyakarta tersebut berharap agar kegiatan ini rutin diadakan karena bisa menjembatani para job seekers.

"Dengan job fair seperti ini juga bisa menambah wawasan kami," katanya.



(amm)